Agar bisa menjangkau sebanyak mungkin pelanggan, bisnis saat ini tidak lagi hanya bisa mengandalkan iklan media cetak, televisi, dan radio. Banyak bisnis yang telah bergeser jauh dari iklan ke strategi online marketing.
Web dan email telah membuka jalan baru bagi bisnis menuju pasar, potensi pelanggan dan klien.
Meskipun bisa hadir dalam berbagai bentuk – seperti menampilkan iklan atau social media marketing – internet marketing adalah untuk mencoba dan membangun kesadaran merek dan menarik konsumen baru melalui internet.
Meskipun bisa hadir dalam berbagai bentuk – seperti menampilkan iklan atau social media marketing – internet marketing adalah untuk mencoba dan membangun kesadaran merek dan menarik konsumen baru melalui internet.
Dunia internet terus berkembang sehingga banyak pilihan bagi bisnis untuk memasarkan kepada pelanggan.
Berikut beberapa yang paling populer dari online marketing saat ini:
Berikut beberapa yang paling populer dari online marketing saat ini:
Affiliate Marketing
Jenis pemasaran ini adalah bisnis membayar orang lain atau perusahaan lain untuk mempromosikan produk dan layanan di situs mereka. Biasanya ini menempatkan iklan banner di situs lain dan dibayar berdasarkan jumlah pelanggan yang mengklik iklan dan melakukan pembelian.
Nah, disinilah posisi kita jika kita termasuk orang yang tidak memiliki produk/jasa untuk dijual.
Pengertian Affiliate Marketing / Program Affiliate bahwa salah satunya adalah Affiliate
Marketing. Affiliate marketing adalah salah cara menghasilkan uang dari
internet dan termasuk dalam kategori bisnis besar. Sebab banyak orang yang
sudah menghasilkan ribuan bahkan puluhan ribu dari bisnis ini. Tapi sebagai
pemula, kita akan mulai dengan yang kecil-kecil dulu. Oke, kita kembali ke
pembahasan.
Apa
itu Affiliate Marketing?
Affiliate marketing
pada dasarnya sudah ada sejak dahulu kali, yakni suatu sistem bisnis dengan
membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk
atau jasa seorang merchant (affiliate merchant). Affiliate merchant atau biasa
di sebut merchant saja merupakan orang atau perusahaan yang mempunyai
produk atau jasa yang dipasarkan melalui internet dan membutuhkan orang lain
untuk menjual produk/jasanya.
Nah, disinilah posisi kita jika kita termasuk orang yang tidak memiliki produk/jasa untuk dijual.
Kita dapat membantu si merchant tersebut dalam
memasarkan produk/jasa nya (disebut affiliate marketer) dan tentunya kita akan
dibayar/biberi komisi atas penjualan yang kita lakukan.
Beberapa istilah lain juga biasa
digunakan untuk menunjukkan program ini seperti ‘associate programs’, ‘referrer
programs’, ‘partner programs’, ‘bounty programs’, atau
‘revenue sharing programs’. Namun yang lebih umum digunakan adalah “affiliate
program” dan model bisnisnya disebut “Affiliate Marketing”.
Cara
Kerja Affiliate Marketing
Setelah mengetahui apa yang dimaksud
dengan Affiliate Marketing, sekarang kita akan membahas sedikit tentang
cara kerjanya. Sistem kerja dari program ini terletak pada link khusus untuk
setiap penjual (affiliate marketer). Link khusus ini berbeda antara Affiliate
marketer satu dengan Affiliate marketer lainnya. Sehingga saat seseorang
mempromosikan produk/jasanya dan terjadi penjualan, maka akan dengan mudah
diketahui siapa yang telah melakukan penjualan dan merekalah yang akan diberi
komisi.
Contoh affiliate link (link khusus
affiliate) seperti ini:
Disini berarti untuk program
affiliate di atas, kode affiliate adalah ‘t205c8’ dan setiap orang akan
memiliki kode yang berbeda.
Berapa
Komisi dari Program Affiliate Mareting?
Untuk komisi yang diberikan
berbedabesarnya bervariasi, tergantung dari si Affiliate Merchant.
Misalnya
untuk Amazon sekitar 2-4% per produk. Namun ada juga yang memberikan komisi
hingga 70% seperti Clickbank. Ini adalah program Affiliate populer yang banyak
promosikan oleh pebisnis online.
Oke..semoga anda ada sedikit gambaran mengenai pengertian
Affiliate Marketing ini.
Iklan display ( Display Advertising )
Ini adalah jenis iklan online yang paling umum. Mirip dengan afiliasi, iklan displaymenempatkan iklan banner di situs-situs lain yang memiliki pengunjung yang mungkin tertarik dengan produk atau jasa bisnis. Iklan dapat tampil dalam berbagai ukuran dan format, termasuk video dan audio.
Apa sih display advertising itu? Semua pengguna internet pasti pernah melihat bentuk periklanan itu. Hanya saja mungkin belum akrab dengan istilah display advertising. Pernahkan Anda melihat banner iklan mobil saat membaca situs berita favorit dari laptop.
Banner iklan di atas adalah contoh display advertising di dunia online.
Walau ada bentuk display advertising secara offline seperti spanduk dan billboard, yang dibahas di sini adalah bentuk display advertising secara online.
Repot dan memakan waktu yang lama? Ya memang, namun kabar baiknya Anda bisa memanfaatkan perusahaan penyedia Display Ads Network sehingga lebih mudah dan cepat.
Salah satu penyedia Display Ads Network adalah Google AdWords. Anda bisa beriklan di Google Display Network cukup dengan menentukan bentuk penargetan lalu kemudian iklan akan disebar ke banyak website sekaligus sesuai kriteria penargetan.
Sekarang Anda telah mengetahui apa itu Display Advertising di dunia online.
Umumnya Display Advertising selalu menjadi bagian dari strategipemasaran produk baru di internet. Tentunya dikombinasikan dengan cara promosi website lainnya.
Penjelasan Iklan Display / Display Advertising : Bentuk iklannya lebih besar daripada
iklan baris atau kecik, mempunyai format dan batas yang jelas.
Ukurannyapun sangat beragam, mulai 10 milimeter kolom sampai 1 halaman
penuh (9 x 540 milimeter kolom).
Iklan display ini banyak yang
berwarna, dan biayanya diukur dengan menghitung luas per milimeter
kolomnya dengan dikalikan sejumlah ongkos tertentu sesuai tarip iklan per
milimeter kolomnya.
Tarif ini berbeda-beda pada setiap surat kabar.
Biasanya perbedaan tarip antar surat kabar ditentukan oleh ‘rating’ surat
kabar itu menurut oplag dan skala jangkauan beredar.
Dalam kondisi tertentu, banyak media
cetak yang mengenakan tarip khusus, Misalnya jikalau pemasang menghendaki
halaman-halaman tertentu yang sengaja dipilihnya atau iklan dengan tata
letak yang eksklusif yang ditentukan sendiri oleh pengiklan. Dengan
memilih tempat pada halaman belakang atau depan saja.
Contoh lain,
misalnya ‘iklan kuping’.
Di mana letaknya di pojok atas sebelah kanan pada
halaman pertama. Atau ‘iklan pulau’, iklan yang ada persis di
tengah-tengah halaman, dan artikel koran itu seolah mengelilingi iklan.
Kondisi-kondisi
demikian tentu konsekuensinya adalah, biaya pemasangan iklan menjadi lebih
tinggi daripada model konvensional yang sudah diatur dan ditetapkan
oleh media massa yang bersangkutan.
Apa sih display advertising itu? Semua pengguna internet pasti pernah melihat bentuk periklanan itu. Hanya saja mungkin belum akrab dengan istilah display advertising. Pernahkan Anda melihat banner iklan mobil saat membaca situs berita favorit dari laptop.
Contoh : Iklan Display / Display Advertising
yaitu menampilkan iklan gambar di website yang dikunjungi oleh
pelanggan potensial. Dalam definisi sederhana Display Advertising adalah bentuk
periklanan yang menampilkan objek visual seperti misalnya teks, logo, foto, gambar,
dan bahkan video.Banner iklan di atas adalah contoh display advertising di dunia online.
Walau ada bentuk display advertising secara offline seperti spanduk dan billboard, yang dibahas di sini adalah bentuk display advertising secara online.
Bagaimana Cara Display Advertising Bekerja?
Ada 3 komponen utama dalam display advertising di dunia online.- Pertama adalah iklan yang ingin ditampilkan, biasanya dalam bentuk banner dengan berbagai ukuran.
- Kedua adalah Placement atau tempat iklan akan dipasang. Placement biasanya berupa website, atau aplikasi mobile. Komponen ketiga adalah Metode Penargetan sebagai penghubung antara iklan dengan placement. Cara kerja display advertising cukup sederhana, anda hanya perlu membuat iklan sebelum pada akhirnya ditampilkan pada website-website berdasarkan kriteria penargetan yang Anda tentukan.
Cara Memulai Display Advertising
Ada banyak cara untuk memulai display advertising. Bentuk yang paling sederhana adalah dengan menghubungi pengelola website dan memintanya agar mau memasang iklan Anda. Misalkan jika Anda menjual produk bayi, carilah website atau blog yang mengulas tentang parenting lalu hubungi pemiliknya untuk pemasangan iklan.Repot dan memakan waktu yang lama? Ya memang, namun kabar baiknya Anda bisa memanfaatkan perusahaan penyedia Display Ads Network sehingga lebih mudah dan cepat.
Salah satu penyedia Display Ads Network adalah Google AdWords. Anda bisa beriklan di Google Display Network cukup dengan menentukan bentuk penargetan lalu kemudian iklan akan disebar ke banyak website sekaligus sesuai kriteria penargetan.
Sekarang Anda telah mengetahui apa itu Display Advertising di dunia online.
Umumnya Display Advertising selalu menjadi bagian dari strategipemasaran produk baru di internet. Tentunya dikombinasikan dengan cara promosi website lainnya.
Email marketing
Pengertian Email marketing adalah surat langsung versi online. Anda bisa mengirimkan pelanggan selebaran atau iklan. Bisnis memiliki berbagai macam pilihan tentang apa yang harus dikirim dalam kampanye email marketing, termasuk kupon, newsletter, undangan acara khusus, dan survei.
Di jaman teknologi ini hampir semua orang memiliki email (surat elektronik) untuk beragam keperluan, baik itu untuk keperluan kerja, bisnis, media sosial, hingga transaksi online.
Dapat dipastikan bahwa mereka yang menggunakan komputer atau laptop untuk kegiatan sehari-hari memiliki akun email dari berbagai layanan email gratis ataupun berbayar.
1. Bersifat Pribadi
Di jaman teknologi ini hampir semua orang memiliki email (surat elektronik) untuk beragam keperluan, baik itu untuk keperluan kerja, bisnis, media sosial, hingga transaksi online.
Dapat dipastikan bahwa mereka yang menggunakan komputer atau laptop untuk kegiatan sehari-hari memiliki akun email dari berbagai layanan email gratis ataupun berbayar.
Di dunia #internet marketing,
memanfaatkan email list untuk pemasaran adalah salah satu strategi
marketing yang sangat efektif karena penawaran kita bisa langsung masuk
ke inbox email calon pelanggan dan dibaca oleh mereka. Selain itu, email
marketing dianggap lebih efektif karena pemasaran dengan cara ini dapat
menjangkau calon pelanggan yang potensial, ditambah lagi biasanya
penjualan dengan menggunakan media email konversinya sangat baik.
Sebenarnya, Apa Itu Email Marketing?
Seperti yang sudah disebutkan di atas,
email marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para
pebisnis online dengan memanfaatkan media email (surat elektronik).
Email marketing ini dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah
membeli produk, dan juga kepada pelanggan yang sudah menjadi pelanggan.
Selain mengirimkan email penawaran produk ke calon pembeli, media email
juga sering digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan
para subscriber melalui email news letter.
Dengan email marketing, seorang
pengusaha dapat selalu terhubung dengan pelanggan ataupun calon
pelanggan mereka secara terus menerus. Selain untuk menawarkan produk,
email marketing juga dapat membuat hubungan antara pebisnis dengan para
pelanggan mereka tetap terjaga dengan baik dalam jangka panjang.
Apa Saja Type Email Marketing?
Ada beberapa type email marketing yang dilakukan
oleh para pengusaha online, diantaranya adalah direct email, retention email,
dan beriklan di email list orang lain.
1. Direct Email
Direct email adalah pesan yang Anda kirim ke
list email pelanggan dimana email tersebut adalah berisi pesan penawaran atau
promosi. Direct email bisa dalam bentuk teks saja atau bisa juga dalam bentuk
HTML yang berisi pesan dalam bentuk multimedia yang menarik.
Cukup banyak pebisnis online yang keliru dalam
memanfaatkan direct email kepada pelanggan mereka dengan mengirim pesan
penawaran/ promosi dengan bertubi-tubi sehingga terkesan pesan email tersebut
berisi SPAM.
Pendekatan yang salah (SPAM) kepada pelanggan atau calon pelanggan
bisa berakibat buruk, misalnya pelanggan lama atau calon pelanggan akan
menghapus alamat email kita dari daftar White List mereka atau Unsubscribe.
2. Retention Email
Retention email adalah email yang kita kirimkan
kepada pelanggan lama agar tetap terhubung dengan bisnis kita, ini sangat
krusial bagi semua jenis bisnis. Isi pesan retention email biasanya bertujuan
untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dan para pelanggan mereka, ini
adalah salah satu cara berbeda untuk menawarkan produk kita ke pelanggan.
Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk memasarkan produk atau jasa baru
kepada para pelanggan dengan pendekatan yang unik.
Bagi para pengusaha yang memasarkan produk atau
jasa mereka secara online dan ingin terus menjaga hubungan baik dengan para
pelanggan mereka, maka harus mengirimkan email secara teratur kepada para
pelanggan dan subscriber.
Retention email tidak harus berisi pesan
promosi, ada baiknya diselingi dengan tips dan informasi berharga yang memang
penting untuk diketahui oleh para pelanggan.
Pelanggan yang senang dengan isi
email Anda akan terus loyal sehingga akan menumbuhkan bisnis Anda terus
menerus, tentunya ini sangat penting bagi semua pengusaha, terutama mereka yang
punya bisnis di market yang kompetitif.
3. Beriklan di Email Orang Lain
Ini adalah salah satu bentuk marketing yang
sangat efektif dalam pemasaran secara online. Bagi kita yang belum memiliki
banyak email list dan subscriber, kita bisa memanfaatkan email list dari
publisher lain dengan membayarkan sejumlah uang kepada mereka agar mau
mengirimkan email kepada list mereka dimana di dalam email tersebut
terdapat pesan promosi bisnis kita.
Cukup banyak pemilik produk yang berhasil
memasarkan produk mereka dengan cara seperti ini. Mereka yang memiliki email
list yang cukup banyak biasanya akan bersedia memasarkan produk orang lain
untuk mendapatkan keuntungan, baik itu dengan cara affiliasi ataupun dengan
cara lain.
Jadi jangan heran kalau ada pebisnis online yang bisa
mendapatkan puluhan juta rupiah dalam satu hari dari internet dengan
memanfaatkan email marketing.
Apa Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis Online Anda?
Beberapa manfaat email marketing sudah disebutkan sebelumnya. Untuk melengkapinya, berikut ini adalah beberapa manfaat email marketing bagi bisnis online Anda:1. Bersifat Pribadi
Email marketing yang bersifat pribadi/ personal
biasanya akan mendapat perhatian lebih besar dari para pelanggan atau calon
pelanggan. Saat pelanggan/ calon pelanggan merasa nyaman menerima email dari
kita, maka akan jauh lebih mudah untuk menawarkan apapun pada mereka melalui
email yang kita kirimkan.
2. Informasi Terkirim Lebih Cepat
Mengirimkan pesan promosi atau penawaran melalui
media surat pos biasanya jauh lebih lama dibandingkan dengan
email. Ditambah lagi, kita juga harus menunggu respon pelanggan melalui
surat yang mereka kirimkan melalui pos, pasti akan memakan waktu lama dan tidak
efektif. Dengan email marketing, kita bisa menjangkau para pelanggan dalam
waktu yang sangat cepat langsung ke email pribadi mereka sehingga hasilnya akan
kita dapatkan lebih cepat.
3. Biaya Jauh Lebih Murah
Memang kita membutuhkan layanan dari penyedia
email responder, namun biaya ini akan jauh lebih murah dan efektif dibandingkan
jika kita menggunakan surat fisik. Tingkat responsive direct mail biasanya
lebih tinggi, itulah sebabnya mengapa email marketing sangat
menguntungkan.
4. Kampanye Dapat Diukur
Kampanye yang kita lakukan melalui email
marketing dapat kita ukur dengan baik karena kita dapat melihat berapa email
yang terkirim pada pelanggan dan bagaimana respon pelanggan tersebut. Dengan
begitu, kita bisa melakukan analisa lebih baik terhadap kampanye yang dilakukan
dan bisa segera melakukan perubahan pada kampanye saat diperlukan.
5. Membangun Hubungan Baik Dengan
Pelanggan
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kita
bisa dengan mudah menjalin hubungan baik dengan para pelanggan dan
calon pelanggan melalui email marketing. Email yang kita kirimkan bisa berupa
tips, informasi penting, promosi produk, dan lain-lain, dengan cara yang lebih
mudah.
Nah, melihat begitu banyaknya manfaat yang bisa
kita dapatkan dari email marketing ini, maka Anda para pengusaha online
tentunya harus membangun email list para pelanggan dan calon pelanggan Anda.
Inbound marketing
Pengertian Inbound marketing menggunakan kontenonline seperti blog, media sosial, podcastuntuk menarik pelanggan baru. Berbeda dengan outbond marketing, strategi ini berkisar tentang usaha membuat konten mereka sendiri yang mudah-mudahan menarik masuk para pembeli.
Inbound marketing mulai dikenal di tahun 2006 dan semakin populer di era serba digital.
Bentuk pemasaran tradisional atau outbound marketing semakin tidak efektif dan dianggap mengganggu konsumen. Iklan di TV, koran, majalah, email, dan media lain seringkali tidak diinginkan sehingga makin banyak konsumen yang mengabaikan model pemasaran seperti ini.
Melihat masalah ini, inbound marketing menjadi solusi yang paling efektif. Apa itu inbound marketing?
Ada 3 kelemahan besar dalam outbound marketing:
Pertama, kita secara buta mengincar semua orang bahkan yang belum siap menjadi konsumen.
Kedua, tidak sedikit orang yang merasa terganggu dengan prosesnya sehingga justru bisa berakibat buruk.
Ketiga, menggunakan media pemasaran tadi membutuhkan biaya yang sangat besar.
Daripada menjangkau ke luar, teknik inbound justru memancing agar calon konsumen dengan senang hati “masuk”.
Mari kita lihat pengertiannya:
Dengan menyediakan konten, calon konsumen akan tertarik atas manfaatnya. Proses ini terjadi secara alami tanpa mengganggu aktivitas. Pada akhirnya orang-orang ini memiliki kemungkinan yang sangat tinggi untuk menjadi konsumen tetap.
Inbound marketing sejalan dengan teknologi di era digital karena bisa dilakukan dengan memanfaatkan sarana dan teknik seperti Blog, Sosial Media, Search Engine Marketing, Content Marketing, Email Marketing, dan lain-lain.
Belum lagi melihat kebiasaan konsumen masa kini yang memanfaatkan internet dan mesin pencari untuk mendapatkan informasi. Inilah penyebab inbound marketing menjadi sangat populer.
Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, teknik ini lebih efektif, terukur, dan hemat biaya.
Dalam pemasaran tradisional, atraksi dilakukan dengan iklan. Namun dalam inbound marketing kita dapat menarik minat calon konsumen tanpa mengganggu mereka dengan memanfaatkan media berikut:
Tahap pertama ini sangat penting, bahkan merupakan yang paling vital. Maka dari itu, penting bagi semua jenis bisnis yang ingin memanfaatkan teknik inbound untuk membuat konten yang bermanfaat bagi orang lain.
Untuk mengkonversi visitor dengan mendapatkan emailnya, inilah yang harus sediakan:
Inilah cara dan media yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan penjualan:
Inbound marketing mulai dikenal di tahun 2006 dan semakin populer di era serba digital.
Bentuk pemasaran tradisional atau outbound marketing semakin tidak efektif dan dianggap mengganggu konsumen. Iklan di TV, koran, majalah, email, dan media lain seringkali tidak diinginkan sehingga makin banyak konsumen yang mengabaikan model pemasaran seperti ini.
Melihat masalah ini, inbound marketing menjadi solusi yang paling efektif. Apa itu inbound marketing?
Perbedaan Outbound dan Inbound
Outbound marketing atau pemasaran tradisional memiliki kelemahan yang sangat besar. Seorang pemasar “mengganggu” aktivitas calon konsumen dengan iklan, email, bahkan telepon tanpa memperhatikan kenyamanan mereka.Outbound marketing
Teknik pemasaran outbound dilakukan dengan menjangkau calon konsumen keluar (outbound). Beberapa media yang populer di antaranya yaitu iklan, surat, email, dan telepon.Ada 3 kelemahan besar dalam outbound marketing:
Pertama, kita secara buta mengincar semua orang bahkan yang belum siap menjadi konsumen.
Kedua, tidak sedikit orang yang merasa terganggu dengan prosesnya sehingga justru bisa berakibat buruk.
Ketiga, menggunakan media pemasaran tadi membutuhkan biaya yang sangat besar.
Inbound marketing
Teknik ‘pemasaran masuk’ ini 180 derajat berlawanan dengan yang tradisional.Daripada menjangkau ke luar, teknik inbound justru memancing agar calon konsumen dengan senang hati “masuk”.
Mari kita lihat pengertiannya:
Inbound marketing adalah strategi pemasaran modern dimana kita berupaya agar calon konsumen lah yang tertarik ingin mencari kita. Ini dilakukan dengan cara menyediakan konten-konten yang mampu menarik perhatian dan mendorong mereka untuk menjadi kustomer.Inbound marketing berfokus untuk menyediakan konten berkualitas yang bermanfaat bagi calon konsumen.
Dengan menyediakan konten, calon konsumen akan tertarik atas manfaatnya. Proses ini terjadi secara alami tanpa mengganggu aktivitas. Pada akhirnya orang-orang ini memiliki kemungkinan yang sangat tinggi untuk menjadi konsumen tetap.
Inbound marketing sejalan dengan teknologi di era digital karena bisa dilakukan dengan memanfaatkan sarana dan teknik seperti Blog, Sosial Media, Search Engine Marketing, Content Marketing, Email Marketing, dan lain-lain.
Belum lagi melihat kebiasaan konsumen masa kini yang memanfaatkan internet dan mesin pencari untuk mendapatkan informasi. Inilah penyebab inbound marketing menjadi sangat populer.
Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, teknik ini lebih efektif, terukur, dan hemat biaya.
Dapatkan : E-Book Gratis
Metodologi Inbound Marketing
Kunci dari inbound marketing terletak pada metodologinya. Menurut HubSpot, ada empat tahapan dalam inbound marketing untuk mengubah strangers bukan hanya menjadi customers tapi promoters.1. Attract
Orang-orang yang belum mengenal kita saat ini disebut sebagai strangers, mereka belum tahu siapa kita dan apa yang kita lakukan atau tawarkan.Dalam pemasaran tradisional, atraksi dilakukan dengan iklan. Namun dalam inbound marketing kita dapat menarik minat calon konsumen tanpa mengganggu mereka dengan memanfaatkan media berikut:
- Blog
- Social media
- SEO & SEM
Tahap pertama ini sangat penting, bahkan merupakan yang paling vital. Maka dari itu, penting bagi semua jenis bisnis yang ingin memanfaatkan teknik inbound untuk membuat konten yang bermanfaat bagi orang lain.
2. Convert
Mendapatkan visitor saja belum memberikan manfaat apapun. Sekarang karena kita telah mendapatkan perhatian dari calon klien, saatnya mengubah mereka menjadi klien. Caranya dengan mendapatkan informasi kontak mereka, alamat email.Untuk mengkonversi visitor dengan mendapatkan emailnya, inilah yang harus sediakan:
- Landing page
- Call to action
- Form (formulir pendaftaran)
3. Close
Setelah mendapatkan kontaknya, yang bisa anda lakukan sekarang adalah melakukan penjualan. Anda sudah mendapatkan kontak dari orang-orang yang memang tertarik dengan anda, dari kontak yang anda dapatkan ini anda bisa semakin meyakinkan mereka.Inilah cara dan media yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan penjualan:
- Email. Untuk calon klien yang belum siap untuk menggunakan layanan anda, kirimkan beberapa email untuk semakin meningkatkan keyakinan mereka. Email ini harus tetap memberikan manfaat.
- Marketing Automation. Proses email bisa dilakukan secara otomatis dengan bantuan alat seperti email marketing autoresponder.
4. Delight
Ketika seseorang sudah menjadi klien anda, bukan berarti proses sudah selesai. Mereka yang bahagia dan puas dengan layanan anda bisa jadi akan memberikan masukan bermanfaat atau bahkan mempromosikan layanan anda kepada orang lain.Iklan pay-per-click
Iklan ini juga dikenal sebagaia search engine marketing. Iklan pay-per-click adalah ketika menempatkan iklan bisnis di mesin pencari seperti Google dan Yahoo. Iklan-iklan tersebut biasanya ditempatkan khusus di atas atau di panel samping yang dipisahkan untuk iklan berbayar.
PPC (Pay Per Click) merupakan salah satu alternative cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tambahan penghasilan lewat blog sudah saya jelaskan di Sumber Penghasilan Di Internet.
Dengan PPC kita akan dibayar setiap ada orang yang mengklik iklan yang kita tempatkan di blog kita, untuk besarnya bayaran per kliknya itu tergantung dari program PPC yang kita ikuti, klo PPC lokal biasanya sekitar Rp. 400 atau Rp. 300 per kliknya.
Untuk mengikuti program ini tentunya syarat utama yang harus kita punya yaitu kita harus mempunyai sebuah blog / website.
Setelah itu kita menyediakan tempat / ruang kosong di blog kita itu untuk dipasangin iklan-iklan yang telah disediakan oleh PPC tersebut. Contoh iklannya bisa kamu liat di bawah ini :
Iklan yang bisa kamu tampilkan di blog bisa kamu setting sesuai ukuran dan sesuai tempat yang kamu pengen, bisa dipasang di atas blog, di bagian bawah, dibawah read more atau bahkan dipasang setelah read more di klik pokonya terserah km bagusnya dimana. Untuk ukuran bisa 426 x 60, 250 x 250 dll…
Informasi mengenai PPC mungkin hanya segitu, selanjutnya yaitu tentang daftar situs PPC lokal. kenapa sy fokus di PPC lokal, tentunya karna mudah dalam pencairannya. bisa langsung ditransfer ke bank. klo luar negri kan sedikit ribet..hihihi
Daftar situs PPC lokal
1. PPCINDO
Di ppcindo, penghasilan yang bisa kita dapatkan tergantung dari ranking alexa blog kita. sebuah blog yang mempunyai ranking alexa di atas 1 juta dengan blog yang ranking alexanya di bawa 1 juta itu akan beda penghasilan per kliknya. Karna di ppcindo itu ada segmentasi. Untuk besarnya km bisa langsung aja liat di ppcindonya..he3.
Untuk payment, sayang ppcindo minimal pembayarannya kegedean yaitu minimal kita harus punya saldo $10 dolar atau Rp. 92.000. klo dah nyampe minimal, baru duitnya ditransfer ke akun bank yang kita masukin di accountnya.
2. Kumpulblogger
Kumpulblogger ini bagus banget buat kalian yang blognya masih baru, disini gda syarat yang ribet buat pasang iklannya, yang penting kalian punya blog..bisa dipasang. Kita akan dibayar Rp. 300 per klik iklannya dan Rp. 400 per klik iklan banner. Minimal payoutnya adalah Rp. 10.000 buat yg pake BCA, tapi klo bank laen Rp. 50.000.
3. Adsensecamp
Adsensecamp ini mempunyai tampilan yang mirip banget sama google adsense. Jadi klo sy boleh bilang, adsensecamp itu adalah google adsensenya Indonesia, he. Kita akan dibayar Rp. 300 per kliknya dan untuk payoutnya, minimal kita harus punya Rp. 10.500, baru bisa ditransfer.
Ketiga PPC local diatas merupakan PPC favorit sya yang selalu sya pakai di semua blog sya, karna selain gak ribet syaratnya..iklannya pun banyak, jadi potensi pengunjung untuk klik iklannya cukup gede, he3. Selain 3 PPC diatas, km juga bisa coba PPC yang ini :
4. Klik Saya
Kesuksesan sebuah blog klo sy bilang sih bisa dilihat dengan adanya iklan dari PPC ini, karna untuk mengikuti PPC ini syaratnya lumayan berat juga yaitu kita harus punya blog yang mempunyai page view per bulannya minimal 10.000 page view artinya 310 page view per hari(lumayan juga y). jadi buat km yang blognya masih baru, tahan dulu deh buat ikut PPC ini, klo blogmu dah terkenal dan dah memnuhi syarat, barulah coba yang atu ini.
Kelebihan PPC ini yaitu kita bisa menentukan tarif iklan per kliknya sendiri, mau Rp. 500, mau Rp. 600 per kliknya, pokonya bebas semau kita. asal advertiser(pemasang iklan) nya setuju, ywdh deh pasang iklannya.
5. Adspeedy
Nah, buat km yang belum bisa pake PPC klik saya. Ini ada alternatifnya yaitu PPC adspeedy. Di PPC ini, cara kerjanya sama seperti PPC Klik saya, Cuma disini gda syaratnya..walaupun blog kita masih baru, kita bisa mengikuti PPC ini.
6. TinggalKlik
PPC ini hampir sama dengan PPC seperti kumpulblogger, adsensecamp dll. hanya disini ada tambahan berupa iklan referral. Iklan referral itu artinya jika ada pengunjung yang mengklik iklan referral dan setelah itu melakukan transaksi disitus iklannya, maka kita akan dibayar.
7. Adsjutawan
Dan terakhir tentang satu hal yang paling penting untuk sukses di program PPC ini adalah kita harus jeli dalam menempatkan posisi iklan di blog kita dan juga jeli dalam pemilihan warna iklannya. Klo masalah jumlah pengunjung sih itu dah pasti kan…
Perhatian :
"Jangan pernah berharap dengan blogwalking kalian akan mendapatkan klik iklan, karna menurut sy..blogwalking hanya akan mendatangkan pengunjung seorang blogger juga dan seorang blogger itu adalah orang yg paling anti klik iklan di blog orang laen. Mau sepintar apapun kita menempatkan posisi iklannya, g kan ngaruh jika pengunjungnya seorang blogger juga..karna dia juga sudah tau trik2 dan ciri2 iklan..(he3…bener g blogger).."
Baca Juga : Sumber Penghasilan Di Internet
PPC (Pay Per Click) merupakan salah satu alternative cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tambahan penghasilan lewat blog sudah saya jelaskan di Sumber Penghasilan Di Internet.
Dengan PPC kita akan dibayar setiap ada orang yang mengklik iklan yang kita tempatkan di blog kita, untuk besarnya bayaran per kliknya itu tergantung dari program PPC yang kita ikuti, klo PPC lokal biasanya sekitar Rp. 400 atau Rp. 300 per kliknya.
Untuk mengikuti program ini tentunya syarat utama yang harus kita punya yaitu kita harus mempunyai sebuah blog / website.
Setelah itu kita menyediakan tempat / ruang kosong di blog kita itu untuk dipasangin iklan-iklan yang telah disediakan oleh PPC tersebut. Contoh iklannya bisa kamu liat di bawah ini :
Iklan yang bisa kamu tampilkan di blog bisa kamu setting sesuai ukuran dan sesuai tempat yang kamu pengen, bisa dipasang di atas blog, di bagian bawah, dibawah read more atau bahkan dipasang setelah read more di klik pokonya terserah km bagusnya dimana. Untuk ukuran bisa 426 x 60, 250 x 250 dll…
Informasi mengenai PPC mungkin hanya segitu, selanjutnya yaitu tentang daftar situs PPC lokal. kenapa sy fokus di PPC lokal, tentunya karna mudah dalam pencairannya. bisa langsung ditransfer ke bank. klo luar negri kan sedikit ribet..hihihi
Daftar situs PPC lokal
1. PPCINDO
Di ppcindo, penghasilan yang bisa kita dapatkan tergantung dari ranking alexa blog kita. sebuah blog yang mempunyai ranking alexa di atas 1 juta dengan blog yang ranking alexanya di bawa 1 juta itu akan beda penghasilan per kliknya. Karna di ppcindo itu ada segmentasi. Untuk besarnya km bisa langsung aja liat di ppcindonya..he3.
Untuk payment, sayang ppcindo minimal pembayarannya kegedean yaitu minimal kita harus punya saldo $10 dolar atau Rp. 92.000. klo dah nyampe minimal, baru duitnya ditransfer ke akun bank yang kita masukin di accountnya.
2. Kumpulblogger
Kumpulblogger ini bagus banget buat kalian yang blognya masih baru, disini gda syarat yang ribet buat pasang iklannya, yang penting kalian punya blog..bisa dipasang. Kita akan dibayar Rp. 300 per klik iklannya dan Rp. 400 per klik iklan banner. Minimal payoutnya adalah Rp. 10.000 buat yg pake BCA, tapi klo bank laen Rp. 50.000.
3. Adsensecamp
Adsensecamp ini mempunyai tampilan yang mirip banget sama google adsense. Jadi klo sy boleh bilang, adsensecamp itu adalah google adsensenya Indonesia, he. Kita akan dibayar Rp. 300 per kliknya dan untuk payoutnya, minimal kita harus punya Rp. 10.500, baru bisa ditransfer.
Ketiga PPC local diatas merupakan PPC favorit sya yang selalu sya pakai di semua blog sya, karna selain gak ribet syaratnya..iklannya pun banyak, jadi potensi pengunjung untuk klik iklannya cukup gede, he3. Selain 3 PPC diatas, km juga bisa coba PPC yang ini :
4. Klik Saya
Kesuksesan sebuah blog klo sy bilang sih bisa dilihat dengan adanya iklan dari PPC ini, karna untuk mengikuti PPC ini syaratnya lumayan berat juga yaitu kita harus punya blog yang mempunyai page view per bulannya minimal 10.000 page view artinya 310 page view per hari(lumayan juga y). jadi buat km yang blognya masih baru, tahan dulu deh buat ikut PPC ini, klo blogmu dah terkenal dan dah memnuhi syarat, barulah coba yang atu ini.
Kelebihan PPC ini yaitu kita bisa menentukan tarif iklan per kliknya sendiri, mau Rp. 500, mau Rp. 600 per kliknya, pokonya bebas semau kita. asal advertiser(pemasang iklan) nya setuju, ywdh deh pasang iklannya.
5. Adspeedy
Nah, buat km yang belum bisa pake PPC klik saya. Ini ada alternatifnya yaitu PPC adspeedy. Di PPC ini, cara kerjanya sama seperti PPC Klik saya, Cuma disini gda syaratnya..walaupun blog kita masih baru, kita bisa mengikuti PPC ini.
6. TinggalKlik
PPC ini hampir sama dengan PPC seperti kumpulblogger, adsensecamp dll. hanya disini ada tambahan berupa iklan referral. Iklan referral itu artinya jika ada pengunjung yang mengklik iklan referral dan setelah itu melakukan transaksi disitus iklannya, maka kita akan dibayar.
7. Adsjutawan
Dan terakhir tentang satu hal yang paling penting untuk sukses di program PPC ini adalah kita harus jeli dalam menempatkan posisi iklan di blog kita dan juga jeli dalam pemilihan warna iklannya. Klo masalah jumlah pengunjung sih itu dah pasti kan…
Perhatian :
"Jangan pernah berharap dengan blogwalking kalian akan mendapatkan klik iklan, karna menurut sy..blogwalking hanya akan mendatangkan pengunjung seorang blogger juga dan seorang blogger itu adalah orang yg paling anti klik iklan di blog orang laen. Mau sepintar apapun kita menempatkan posisi iklannya, g kan ngaruh jika pengunjungnya seorang blogger juga..karna dia juga sudah tau trik2 dan ciri2 iklan..(he3…bener g blogger).."
Baca Juga : Sumber Penghasilan Di Internet
Search Engine Optimization ( SEO )
Ini adalah bentuk iklan yang tidak berbayar alias gratis. Iklan ini dirancang untuk meningkatkan peringkat di search engine. Semakin tinggi peringkat bisnis, semakin besar kesempatan mereka dilihat pelanggan.
Untuk meningkatkan peringkat SEO website di mesin pencari, bisnis bisa menggunakan kata kunci di situs yang kemungkinan besar akan dicari pembeli, menghubungkan situs ke situs lain, dan memiliki link ke situs mereka serta menghasilkan sebanyak mungkin konten online.
Bagi
seorang blogger wajib baginya untuk mengetahui apa itu SEO, pengertian
SEO, jenis optimasi SEO, jenis teknik SEO menurut aliranya dan tujuan
dari dilakukannya optimasi SEO pada blog. Karena mempelajari SEO banyak
sekali manfaatnya, salah satunya adalah kita bisa mendapatkan pengunjung
dari mesin pencari melalui optimasi SEO pada artikel kita agar
menempati posisi pertama di hasil pencarian Google.
1. Pengertian SEO
Search Engine Optimization, yang biasa disingkat SEO adalah suatu usaha yang dilakukan pada sebuah blog yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju website atau blog tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut yang biasa dikenal dengan istilah optimasi SEO.
2. Jenis Optimasi SEO
Optimasi SEO dibagi menjadi dua, yaitu optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page. Apa itu optimasi SEO on page? Pengertian dan definisi optimasi SEO on page adalah sebuah optimasi mesin pencari yang dilakukan dari dalam blog itu sendiri. Lalu apa itu optimasi SEO off page? Pengertian dan definisi optimasi SEO off page adalah kebalikanya dari optimasi SEO on page yaitu sebuah optimasi mesin pencari yang dilakukan dari luar blog itu.
3. Jenis Teknik SEO
Jenis teknik SEO juga terbagi menjadi dua yaitu teknik white hat SEO dan teknik black hat SEO. Apa itu teknik white hat SEO? Teknik white hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang bersih, teknik optimasi SEO yang dianjurkan dan yang aman apabila digunakan. Sedangkan pengertian dari teknik black hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang kotor, yang apabila dipergunakan akan mendapatkan hukuman yang fatal dari Google dan teknik black hat SEO ini juga sangat dibenci oleh Google. Karena melanggar TOS Google dan merupakan suatu teknik optimasi SEO yang curang, dan instan.
4. Tujuan Optimasi SEO
Tujuan dari dilakukannya optimasi SEO on page maupun optimasi SEO off page memiliki tujuan yang sama yaitu menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi teratas hasil pencarian, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keyword (kata kunci) tertentu yang dibidik atau ditargetkan dan perbedaannya terletak di cara optimasinya. Karena website atau blog yang menempati dan berada di teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih yang besar untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari, karena pengunjung pasti akan lebih mengutamakan blog yang paling atas terlebih dahulu, lalu mengkliknya dan mengunjungi website atau blog tersebut. Untuk cara menaikan posisi artikel di Search Engine Result Page (SERP) kalian bisa membaca artikel tentang cara meningkatkan posisi artikel di SERP dengan blog dummy ini.
5. Kesimpulan
Jadi, optimasi SEO ini merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh blogger manapun yang ingin blognya menempati dan berada di posisi teratas dan mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari. Optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page ini juga merupakan sebuah optimasi yang harus dilakukan dan tidak boleh dipisahkan ibarat sebuah 'pasangan' yang saling melengkapi satu sama lain. Jika hanya salah satu saja optimasi SEO yang dilakukan entah optimasi SEO on page ataupun optimasi SEO off pagenya saja maka akan kurang optimal pula hasil yang akan didapatkan nantinya.
Search Engine Optimization, yang biasa disingkat SEO adalah suatu usaha yang dilakukan pada sebuah blog yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju website atau blog tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut yang biasa dikenal dengan istilah optimasi SEO.
2. Jenis Optimasi SEO
Optimasi SEO dibagi menjadi dua, yaitu optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page. Apa itu optimasi SEO on page? Pengertian dan definisi optimasi SEO on page adalah sebuah optimasi mesin pencari yang dilakukan dari dalam blog itu sendiri. Lalu apa itu optimasi SEO off page? Pengertian dan definisi optimasi SEO off page adalah kebalikanya dari optimasi SEO on page yaitu sebuah optimasi mesin pencari yang dilakukan dari luar blog itu.
3. Jenis Teknik SEO
Jenis teknik SEO juga terbagi menjadi dua yaitu teknik white hat SEO dan teknik black hat SEO. Apa itu teknik white hat SEO? Teknik white hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang bersih, teknik optimasi SEO yang dianjurkan dan yang aman apabila digunakan. Sedangkan pengertian dari teknik black hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang kotor, yang apabila dipergunakan akan mendapatkan hukuman yang fatal dari Google dan teknik black hat SEO ini juga sangat dibenci oleh Google. Karena melanggar TOS Google dan merupakan suatu teknik optimasi SEO yang curang, dan instan.
4. Tujuan Optimasi SEO
Tujuan dari dilakukannya optimasi SEO on page maupun optimasi SEO off page memiliki tujuan yang sama yaitu menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi teratas hasil pencarian, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keyword (kata kunci) tertentu yang dibidik atau ditargetkan dan perbedaannya terletak di cara optimasinya. Karena website atau blog yang menempati dan berada di teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih yang besar untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari, karena pengunjung pasti akan lebih mengutamakan blog yang paling atas terlebih dahulu, lalu mengkliknya dan mengunjungi website atau blog tersebut. Untuk cara menaikan posisi artikel di Search Engine Result Page (SERP) kalian bisa membaca artikel tentang cara meningkatkan posisi artikel di SERP dengan blog dummy ini.
5. Kesimpulan
Jadi, optimasi SEO ini merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh blogger manapun yang ingin blognya menempati dan berada di posisi teratas dan mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari. Optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page ini juga merupakan sebuah optimasi yang harus dilakukan dan tidak boleh dipisahkan ibarat sebuah 'pasangan' yang saling melengkapi satu sama lain. Jika hanya salah satu saja optimasi SEO yang dilakukan entah optimasi SEO on page ataupun optimasi SEO off pagenya saja maka akan kurang optimal pula hasil yang akan didapatkan nantinya.
Social media marketing
Strategi ini tentang mempromosikan bisnismelalui berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, dan Instagram. Anda harus membuat laman khusus untuk bisnis dari setiap situs dan membuat konten yang menarik bagi para pengikut yang akhirnya dapat dikonversi menjadi pelanggan.
Berdasarkan Wikipedia, Social Media adalah information content created by people using highly accessible and scalable publishing technologies. Saya sendiri memahami social media sebagai realisasi dari konsep web 2.0: Media yang kontennya diciptakan oleh masyarakat umum/user dengan dukungan teknologi (website, atau web application) yang menganut oknsep web 2.0. Bentuk fisik dari social media: blog, microblog, social networking site, photo sharing, video sharing, dll.
Jadi, what makes a social media, social media adalah aspek kontennya yang diciptakan oleh masyarakat umum (sosial): sebuah penggabungan sosiologi dengan fasilitas teknologi. Merubah hubungan komunikasi one-to-many (dari media yang dimilki para pemodal saja) ke many-to-many (dari masyarakat untuk masyarakat).
Sedangkan Social Media Marketing adalah salah satu bentuk marketing dengan menggunakan konsep Social Media. Memasarkan (marketing) sesuatu (product, brand, issue, etc) menggunakan tools-tools social media dengan memanfaatkan ‘masyarakat yang turut berpartisipasi di social media’ dalam campaignya.
Poin-poin menggunakan social media untuk tujuan marketing dibahas dengan apik di NavinoT pada tulisannya
Social Media Marketing: Fish Where The Fish Are :
Contoh lain dari aplikasi social media marketing adalah penggunaan Twitter: Twitter yang arus pertukaran informasi dan respons sangat cepat dan efisien -dengan dukungan pengguna fanatiknya- sudah menjadikannya salah satu tools social media terefisien. Mulai dari Anthony Robbins hingga CNN menggunakan twitter untuk keep in touch dan menyebarkan awareness dengan para “customer”nya.
Salah satu contoh terkeren dari social media marketing adalah website ideastorm-nya DELL Computer: Di ideastorm, customer Dell berkumpul dan menyampaikan uneg-uneg mereka dan harapan akan produk baru DELL di masa depan. Salah satu keputusan yang diambil berdasarkan masukan customer di ideastorm adalah di bundle-nya
Distro Linux di beberapa varian produk DELL yang -kalau kata Pak Nukman Lutfie- mencederai kerjasama jangka panjang DELL dengan Microsoft. Dalam perkembangannya, bahkan Ideastorm dapat menjaring 11 ribu gagasan dari customer dan 85 ribu komentardari pelanggan yang saling berkomunikasi tentang produk-produk DELL.
Saya sendiri pernah (dan sedang) melakukannya dalam skala kecil. Belum terlalu ter-organized sih, namun cukup lah sebagai sebuah contoh: Memasarkan vespa melalui blog. Langkahnya:
Berdasarkan Wikipedia, Social Media adalah information content created by people using highly accessible and scalable publishing technologies. Saya sendiri memahami social media sebagai realisasi dari konsep web 2.0: Media yang kontennya diciptakan oleh masyarakat umum/user dengan dukungan teknologi (website, atau web application) yang menganut oknsep web 2.0. Bentuk fisik dari social media: blog, microblog, social networking site, photo sharing, video sharing, dll.
Jadi, what makes a social media, social media adalah aspek kontennya yang diciptakan oleh masyarakat umum (sosial): sebuah penggabungan sosiologi dengan fasilitas teknologi. Merubah hubungan komunikasi one-to-many (dari media yang dimilki para pemodal saja) ke many-to-many (dari masyarakat untuk masyarakat).
Sedangkan Social Media Marketing adalah salah satu bentuk marketing dengan menggunakan konsep Social Media. Memasarkan (marketing) sesuatu (product, brand, issue, etc) menggunakan tools-tools social media dengan memanfaatkan ‘masyarakat yang turut berpartisipasi di social media’ dalam campaignya.
Poin-poin menggunakan social media untuk tujuan marketing dibahas dengan apik di NavinoT pada tulisannya
Social Media Marketing: Fish Where The Fish Are :
- Mencari Customer
- Menyebarkan awareness di social media dengan konsep “give and receive”
- Menjadi atau mempengaruhi para pengaruh (influecer) atau ‘seleb’ di social media yang memiliki banyak follower agar awareness yang kita tebarkan ikut terangkat
- Menunjukan awareness dari sudut pandang lain
- Melakukannya dengan kontinyu
- Mengukur campaign anda disana
Contoh lain dari aplikasi social media marketing adalah penggunaan Twitter: Twitter yang arus pertukaran informasi dan respons sangat cepat dan efisien -dengan dukungan pengguna fanatiknya- sudah menjadikannya salah satu tools social media terefisien. Mulai dari Anthony Robbins hingga CNN menggunakan twitter untuk keep in touch dan menyebarkan awareness dengan para “customer”nya.
Salah satu contoh terkeren dari social media marketing adalah website ideastorm-nya DELL Computer: Di ideastorm, customer Dell berkumpul dan menyampaikan uneg-uneg mereka dan harapan akan produk baru DELL di masa depan. Salah satu keputusan yang diambil berdasarkan masukan customer di ideastorm adalah di bundle-nya
Distro Linux di beberapa varian produk DELL yang -kalau kata Pak Nukman Lutfie- mencederai kerjasama jangka panjang DELL dengan Microsoft. Dalam perkembangannya, bahkan Ideastorm dapat menjaring 11 ribu gagasan dari customer dan 85 ribu komentardari pelanggan yang saling berkomunikasi tentang produk-produk DELL.
Saya sendiri pernah (dan sedang) melakukannya dalam skala kecil. Belum terlalu ter-organized sih, namun cukup lah sebagai sebuah contoh: Memasarkan vespa melalui blog. Langkahnya:
- Ciptakan blog yang worth to trust atau bisa dipercaya. Kalau berdasarkan fish where the fish are, ini langkah Be There Before Sale.
- Lalu, isi blog dengan post yang berkualitas. Warm Up The Funnel: Tujuannya agar blog lebih worth to trust dan jika di tilik dari SEO – dimana pengunjung kebanyakan datang- membuat blog menjadi lebih berharga untuk masuk halaman pertama pencarian
- Tulis posting penawaran dengan aspek SEO yang baik untuk masuk halaman pertama SERP.
- Turut promosi melalui facebook, dll.
- Visitor berdatangan..
- Bam! produk pun terjual
- Buat markas besar online anda: Bisa berupa blog,website or whatever.
- Cari dimana pangsa pasar anda berada: menggunakan search twitter, facebook group, quiz application, google blog search, atau apapun
- Distribusikan sesuatu yang unik dan disukai oleh komunitas pasar melalu tools social media: Blog, Twitter, dll
- Jadi influencer di topik tersebut -atau jika ini terlalu memakan waktu- dekati influencer di pangsa pasar anda agar mereka ‘menyebut’ nama anda disana
- Visitor berdatangan ke ‘Markas Besar’ anda
- Sambut mereka dengan conversation yang mereka butuhkan dan penawaran.
- Setelah penawaran? Sisanya sebagaimana apa yang kita ketahui tentang bisnis kan
Pengertian SMM (Social
Media Marketing)
Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian dari SMM atau Social
Media Marketing. Apakah pengertian dari SMM? Apakah manfaat yang dapat
diberikan oleh teknik SMM bagi Website Bisnis Online anda?
Pengertian SMM Social Media Marketing
[Pin on Pinterest]
Pengertian SMM
Sesuai dengan namanya, Social Media Marketing adalah teknik marketing
yang menggunakan Social Media sebagai sarana untuk mempromosikan suatu
produk (Link Halaman Website Bisnis Online) atau suatu jasa, atau produk
lainnya secara lebih spesifik. SMM lebih kepada pembangunan dan
pemanfaatan area Social Media sebagai sarana atau tempat untuk membangun
target pasar dari bisnis online anda. Dalam pembangunan SMM perlu
diingat bahwa kita harus membangun kelompok atau target pasar dengan
sikap saling menghormati dan selalu berkomunikasi dengan target pasar.
Semakin banyak area SMM yang dibangun, maka akan semakin besar pula
dampak yang dihasilkan bagi Website Bisnis Online anda. Ada beberapa SMM
yang populer dikalangan masyarakat, seperti Facebook, Twitter,
Pinterest, Reddit, Youtube, Myspace, Digg, Google Plus, Linkedin,
Instagram dan masih banyak lainnya. Di setiap Social Media yang
digunakan memiliki tata cara pemakaian yang berbeda-beda, seperti
Instagram misalnya yang hanya dapat membagikan foto dan video yang dapat
di isi dengan link, keterangan, tag dan hastag. Lain halnya dengan
Facebook yang memiliki beragam fitur yang dapat kita manfaatkan, seperti
pembuatan Fanpage, Group, Status Video, Status Link, Status Foto dan
lainnya.
Artikel terkait : Cara Meningkatkan Pengunjung Web Blog
Manfaat SMM
Teknik SMM pasti dan harus dilakukan oleh para pemilik Website dan
Bisnis Online, dikarenakan teknik SMM lebih mudah, murah dan efisien.
Cara kerja SMM adalah dengan membangun area pasar dan link Website
Bisnis Online yang dibagikan ke berbagai Social Media. Link yang telah
dibagikan mampu memberikan dampak untuk menjaring banyak pengunjung baru
yang tertarik dan mungkin saja akan menjadi pengunjung tetap dari
Website Bisnis Anda.
Manfaatnya lainnya adalah mempercepat pemasaran produk ke berbagai
kalangan di berbagai Social Media contohnya seperti pemasaran produk
Affiliate PegiPegi. Dikarenakan perkembangan Social Media yang terus
meningkat, membuat pencapaian pemasaran produk menjadi lebih cepat untuk
mengenai target pasar yang diinginkan. Dampak lain dari penggunaan
teknik SMM adalah terbentuk banyak Backlink yang akan mendongkrak
ranking dan popularitas dari Website Bisnis Online anda di mata Search
Engine Google.
Pengertian SMM Social Media Marketing
[Pin on Pinterest]
Sudahkah anda membangun area Bisnis Online di berbagai Social Media?
Bila belum cobalah untuk membangun area Bisnis Online anda diberbagai
Social Media secara bertahap. Dimulai dari pembangunan Social Media
disatu tempat dan fokuslah, atau anda juga dapat membangun dua Social
Media secara bersamaan. Sekian penjelasan mengenai Pengertian SMM dan
Manfaatnya. Selanjutnya saya akan membagikan banyak artikel mengenai
Teknik Pembangunan SMM bagi Website Bisnis Online anda.
-Source: http://www.seogereggi.com/2015/03/pengertian-smm-social-media-marketing.html
-Source: http://www.seogereggi.com/2015/03/pengertian-smm-social-media-marketing.html
Pengertian SMM (Social
Media Marketing)
Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian dari SMM atau Social
Media Marketing. Apakah pengertian dari SMM? Apakah manfaat yang dapat
diberikan oleh teknik SMM bagi Website Bisnis Online anda?
Pengertian SMM Social Media Marketing
[Pin on Pinterest]
Pengertian SMM
Sesuai dengan namanya, Social Media Marketing adalah teknik marketing
yang menggunakan Social Media sebagai sarana untuk mempromosikan suatu
produk (Link Halaman Website Bisnis Online) atau suatu jasa, atau produk
lainnya secara lebih spesifik. SMM lebih kepada pembangunan dan
pemanfaatan area Social Media sebagai sarana atau tempat untuk membangun
target pasar dari bisnis online anda. Dalam pembangunan SMM perlu
diingat bahwa kita harus membangun kelompok atau target pasar dengan
sikap saling menghormati dan selalu berkomunikasi dengan target pasar.
Semakin banyak area SMM yang dibangun, maka akan semakin besar pula
dampak yang dihasilkan bagi Website Bisnis Online anda. Ada beberapa SMM
yang populer dikalangan masyarakat, seperti Facebook, Twitter,
Pinterest, Reddit, Youtube, Myspace, Digg, Google Plus, Linkedin,
Instagram dan masih banyak lainnya. Di setiap Social Media yang
digunakan memiliki tata cara pemakaian yang berbeda-beda, seperti
Instagram misalnya yang hanya dapat membagikan foto dan video yang dapat
di isi dengan link, keterangan, tag dan hastag. Lain halnya dengan
Facebook yang memiliki beragam fitur yang dapat kita manfaatkan, seperti
pembuatan Fanpage, Group, Status Video, Status Link, Status Foto dan
lainnya.
Artikel terkait : Cara Meningkatkan Pengunjung Web Blog
Manfaat SMM
Teknik SMM pasti dan harus dilakukan oleh para pemilik Website dan
Bisnis Online, dikarenakan teknik SMM lebih mudah, murah dan efisien.
Cara kerja SMM adalah dengan membangun area pasar dan link Website
Bisnis Online yang dibagikan ke berbagai Social Media. Link yang telah
dibagikan mampu memberikan dampak untuk menjaring banyak pengunjung baru
yang tertarik dan mungkin saja akan menjadi pengunjung tetap dari
Website Bisnis Anda.
Manfaatnya lainnya adalah mempercepat pemasaran produk ke berbagai
kalangan di berbagai Social Media contohnya seperti pemasaran produk
Affiliate PegiPegi. Dikarenakan perkembangan Social Media yang terus
meningkat, membuat pencapaian pemasaran produk menjadi lebih cepat untuk
mengenai target pasar yang diinginkan. Dampak lain dari penggunaan
teknik SMM adalah terbentuk banyak Backlink yang akan mendongkrak
ranking dan popularitas dari Website Bisnis Online anda di mata Search
Engine Google.
Pengertian SMM Social Media Marketing
[Pin on Pinterest]
Sudahkah anda membangun area Bisnis Online di berbagai Social Media?
Bila belum cobalah untuk membangun area Bisnis Online anda diberbagai
Social Media secara bertahap. Dimulai dari pembangunan Social Media
disatu tempat dan fokuslah, atau anda juga dapat membangun dua Social
Media secara bersamaan. Sekian penjelasan mengenai Pengertian SMM dan
Manfaatnya. Selanjutnya saya akan membagikan banyak artikel mengenai
Teknik Pembangunan SMM bagi Website Bisnis Online anda.
-Source: http://www.seogereggi.com/2015/03/pengertian-smm-social-media-marketing.htm
-Source: http://www.seogereggi.com/2015/03/pengertian-smm-social-media-marketing.htm
0 comments:
Post a Comment