- Pengertian Internet Marketing
Internet Marketing / E-Marketing / Online-Marketing Adalah Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet. Huruf 'e' dalam e-marketing ini berarti elektronik yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik melalui jaringan Internet. Dengan terciptanya teknologi Internet, banyak istilah baru yang menggunakan awalan huruf e, seperti halnya: e-mail, e-business, e-gov, e-society, dll.
- Manfaat Internet Marketing
Manfaat internet marketing adalah untuk mempermudah menawarkan produk kita agar menjangkau konsumen dari dalam negeri hingga luar negeri karena dengan internet marketing setiap orang yang terhungung dengan jaringan bisa melihat produk yang kita jual,tentunya yang mengakses situs atau blog kita.
Jika anda ingin mencoba berjualan dengan internet bisa memulai dari membuat blog gratisan dan selanjutnya tawarkan produk anda di blog yang telah dibuat.Tapi tidak mudah dan membutuhkan keahlian kusus untuk hal itu.Tapi dengan menggunakan blog kita dapat leluasa menawarkan produk kita dengan mudah tidak seperti di pemasangan iklan di situs-situs yang memamg menyediakan space iklan yang gratis ataupun berbayar serta masih banyak lagi cara memasarkan produk di internet.
Selain itu anda juga bisa membuat website dengan domain dan hosting yang berbayar.Saya rekomendasikan untuk anda yang ingin membuat toko online setidaknya membeli domain dan hosting karena akan lebih terpercaya.Tidak hanya itu anda juga perlu membuat tampilan blog atau website yang nyaman dilihat dan menarik minat produsen untuk membeli produk atau jasa.Sehingga banya produsen yang betah berlama-lama di situs anda.
Kebanyakan pengunjung akan mengakses melalui pencarian google.Untuk itu sangat perlu kita mengoptimasi situs kita agar mampu bersaing di search enginee.Anda bisa belajar tehnik seo melalui internet karena banyak sekali yang membahasnya secara lengkap.
Setelah situs anda dapat bersaing di google,maka dengan mudah akan ada pengunjung yang berdatangan ke situs kita tanpa melalukan promosi.Dengan banyaknya pengunjung akan kemungkinan produk atau jasa yang anda akan di tawar oleh konsumen.
Trik dan Rahasia Sukses Bisnis Online
– Anda punya toko online? Apakah produk-produk Anda laris manis di
ranah maya? Kalau belum, artinya Anda belum maksimal memasarkan
produk-produk Anda secara online. Apalagi saat ini semakin banyak
saingan dengan produk yang sama dan harga yang beda tipis siap
menghadang kesuksesan Anda. Nah, tampaknya Anda harus mulai mencoba
tips-tips baru yang mujarab berikut untuk meningkatkan penjualan toko
online Anda.
- Social Network
Facebook, hampir semua orang memilikinya. Baik orang dewasa, anak sekolah bahkan orang tua kini sudah terhubung di jaringan sosial network ini. Dulunya juga sudah pernah ada Friendster yang sempat tenar di bumi pertiwi tapi untuk sekarang yang sedang populer yaitu Facebook dan Twitter. Pastikan Anda punya Fanpage Facebook sendiri yang memajang produk-produk online Anda.
Kelebihan lain dari Facebook adalah tombol share. Selain itu juga ada fitur Like This. Ada lagi, Facebook Chat namanya, ini bisa membuat Anda terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab, bila ada calon konsumen yang ingin membeli produk Anda tapi masih ragu. Saatnya Anda ‘rayu’ para konsumen supaya mau membeli produk Anda. - Website Mobile
BlackBerry, iPhone dan Android, ketiganya kini sedang populer di pasaran alat telekomunikasi, tak terkecuali di Indonesia. Jangan ragu untuk memulai kesuksesan toko online dari website mobile, kemudahan yang didapatkan oleh calon konsumen adalah bagaimana cara mereka mendapatkan informasi produk yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Kalau Anda berada di waktu dan posisi yang tepat, tentunya pelanggan tak akan ragu untuk memesan produk yang mereka cari di toko online Anda. Maka dari itu, punya toko online yang bisa diakses melalui ponsel akan jauh lebih baik, karena kekuatan segi marketing Anda akan memperluas wilayah pemasaran Anda juga. - Direktori Bisnis Online
Ketika Anda bingung bagaimana caranya agar lebih meluaskan domain dari toko online Anda, jangan ragu untuk mendaftarkannya ke direktori-direktori bisnis online, ada banyak sekali website dimana Anda bisa memasang iklan secara gratis sambil memajang produk Anda. Semakin banyak iklan produk Anda pasang di internet, semakin besar pula kemungkinan konsumen bisa menemukan produk yang Anda jual. - Location Based Service (LBS)
Bisnis berdasarkan lokasi akan lebih menyenangkan ketimbang cuma bisnis online biasa. Jangan takut mendaftarkan diri Anda ke website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, seperti Koprol ataupun FourSquare. Buat Anda yang belum tau, Koprol dan FourSquare adalah dua website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, kota dimana Anda tinggal, tempat yang sedang Anda kunjungi dan dengan mudah Anda juga bisa update status Facebook ketika berada di kafe atau resto favorit Anda.
Tariklah pelanggan agar mampir ke toko Anda. Bagaimana caranya? Kalau di luar negeri, fitur LBS ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk memberikan diskon bagi para pengunjung yang sering datang ke kafe tersebut. kalau untuk toko Anda, Anda bisa menawarkan promo – promo di toko online Anda kepada para calon konsumen yang sedang berada di dekat lokasi toko Anda. Banyak calon konsumen yang gampang dirayu dengan diskon dan promo, apalagi lokasinya berdekatan dengan keberadaan mereka saat itu. - Video Streaming
Siapa bilang toko online cuma boleh pasang gambar saja? Kenapa tidak mencoba sesuatu yang baru dengan video streaming online. Anda bisa saja membuat iklan tentang satu produk Anda dan dibuat seperti iklan di televisi, cukup bikin video iklan sederhana dan upload ke Youtube. - Search Engine Optimization (SEO)
Hanya membuka lapak di toko online sendiri, tentu sudah banyak orang yang melakukannya. Agar toko online Anda menjadi lebih ramai dikunjungi, jangan malas untuk beriklan di website-website lainnya, sehingga akan membuat trafik Anda menjadi naik dan akan semakin sering didatangi darimana saja. - Harga
Baik berjualan secara real ataupun online, harga memang prioritas paling utama, apalagi untuk konsumen yang punya budget pas. Harga mungkin akan menjadi yang paling sering dilirik, karena biarpun produk yang Anda jual bagus, tapi kalau di toko sebelah, harganya lebih murah, maka siap-siap kehilangan pelanggan. Biasakan update informasi mengenai harga produk-produk online Anda secara berkala, bisa jadi akan membuat Anda lebih tahu mengenai kisaran harga yang pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon. - User Friendly
Sederhana, mudah dan minimalis. Rasanya ketiga hal ini menjadi tren di toko-toko online di luar negeri. Semakin sederhana, end user akan semakin mudah untuk mengakses toko online Anda. Tentu para calon konsumen akan lebih nyaman berbelanja di toko online yang mudah dimengerti cara aksesnya ketimbang yang rumit dan banyak gambar penuh sesak di pampang di sana. Tak jarang banyak calon konsumen yang belum terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online. - Percantik Desain Visual
Visualisasi desain toko online yang bagus, akan membuat ‘cuci mata’ para calon konsumen menjadi lebih nyaman. Mereka pun akan betah berlama-lama menatap katalog produk yang sudah Anda sediakan.
Tampilkan juga Fitur Pembanding Produk, dimana ada 2 produk sejenis dengan beda merk ataupun harga bisa dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan pula, Rekomendasi Produk yang mana produk-produk pilihan ini ditampilkan berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau yang sudah ia belanjakan. Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin dimanjakan sehingga ia akan lebih mudah membeli produk mana yang ia butuhkan tanpa harus mencarinya terlebih dahulu. - Resolusi
Resolusi 1024×768, banyak sekali website toko online berprinsip kuno karena masih saja terus menggunakan resolusi tersebut. Padahal saat ini sudah banyak resolusi yang lebih kecil atau yang lebih besar seukuran 1280, 1440 ataupun 1600. Banyak calon pengunjung yang akhirnya dipaksakan melihat website yang tidak sesuai ukuran layarnya, sehingga dengan melihatnya saja, calon konsumen menjadi kurang nyaman berbelanja. - Perbanyak Animasi, Kurangi Loading Time
Poin ini tampaknya agak dilema, dimana Anda harus memperbanyak animasi dan mengurangi waktu loading satu halamanwebsite. Perkembangan teknologi website saat ini semakin pesat. Gunakanlah teknologi AJAX, kurangi penggunaan Flash. - Tipografi
Susunan huruf dan tipe huruf, hal kecil memang tampaknya, tapi huruf memerankan peranan sangat besar. Huruf yang cocok digunakan di dalam satu website akan memperkuat kesan dan pesan yang disampaikan pada pengguna. - Percantik Katalog
Toko online yang modern saat ini rata-rata menggunakan setidaknya 75% halaman untuk menampilkan katalog produknya, selebihnya akan digunakan sebagai navigasi halaman ataupun ruang kosong.
Katalog tidak hanya terdiri dari kata-kata saja, tapi tentu lebih dipercantik oleh gambar. Nah, gambar ini punya kekuatan yang cukup besar untuk menarik minat calon konsumen.
Tunggu apalagi? Segeralah praktekkan tips-tips di atas supaya toko online Anda menjadi laris manis di pasaran. Semoga Artikel Trik dan Rahasia Sukses Bisnis Online ini bermanfaat untuk Anda.
- See more at: http://pendekarinternetmarketing.com/trik-dan-rahasia-sukses-bisnis-online/#sthash.CWg3vDbX.dpufKelebihan lain dari Facebook adalah tombol share. Selain itu juga ada fitur Like This. Ada lagi, Facebook Chat namanya, ini bisa membuat Anda terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab, bila ada calon konsumen yang ingin membeli produk Anda tapi masih ragu. Saatnya Anda ‘rayu’ para konsumen supaya mau membeli produk Anda.
- Website Mobile
BlackBerry, iPhone dan Android, ketiganya kini sedang populer di pasaran alat telekomunikasi, tak terkecuali di Indonesia. Jangan ragu untuk memulai kesuksesan toko online dari website mobile, kemudahan yang didapatkan oleh calon konsumen adalah bagaimana cara mereka mendapatkan informasi produk yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Kalau Anda berada di waktu dan posisi yang tepat, tentunya pelanggan tak akan ragu untuk memesan produk yang mereka cari di toko online Anda. Maka dari itu, punya toko online yang bisa diakses melalui ponsel akan jauh lebih baik, karena kekuatan segi marketing Anda akan memperluas wilayah pemasaran Anda juga. - Direktori Bisnis Online
Ketika Anda bingung bagaimana caranya agar lebih meluaskan domain dari toko online Anda, jangan ragu untuk mendaftarkannya ke direktori-direktori bisnis online, ada banyak sekali website dimana Anda bisa memasang iklan secara gratis sambil memajang produk Anda. Semakin banyak iklan produk Anda pasang di internet, semakin besar pula kemungkinan konsumen bisa menemukan produk yang Anda jual. - Location Based Service (LBS)
Bisnis berdasarkan lokasi akan lebih menyenangkan ketimbang cuma bisnis online biasa. Jangan takut mendaftarkan diri Anda ke website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, seperti Koprol ataupun FourSquare. Buat Anda yang belum tau, Koprol dan FourSquare adalah dua website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, kota dimana Anda tinggal, tempat yang sedang Anda kunjungi dan dengan mudah Anda juga bisa update status Facebook ketika berada di kafe atau resto favorit Anda.
Tariklah pelanggan agar mampir ke toko Anda. Bagaimana caranya? Kalau di luar negeri, fitur LBS ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk memberikan diskon bagi para pengunjung yang sering datang ke kafe tersebut. kalau untuk toko Anda, Anda bisa menawarkan promo – promo di toko online Anda kepada para calon konsumen yang sedang berada di dekat lokasi toko Anda. Banyak calon konsumen yang gampang dirayu dengan diskon dan promo, apalagi lokasinya berdekatan dengan keberadaan mereka saat itu. - Video Streaming
Siapa bilang toko online cuma boleh pasang gambar saja? Kenapa tidak mencoba sesuatu yang baru dengan video streaming online. Anda bisa saja membuat iklan tentang satu produk Anda dan dibuat seperti iklan di televisi, cukup bikin video iklan sederhana dan upload ke Youtube. - Search Engine Optimization (SEO)
Hanya membuka lapak di toko online sendiri, tentu sudah banyak orang yang melakukannya. Agar toko online Anda menjadi lebih ramai dikunjungi, jangan malas untuk beriklan di website-website lainnya, sehingga akan membuat trafik Anda menjadi naik dan akan semakin sering didatangi darimana saja. - Harga
Baik berjualan secara real ataupun online, harga memang prioritas paling utama, apalagi untuk konsumen yang punya budget pas. Harga mungkin akan menjadi yang paling sering dilirik, karena biarpun produk yang Anda jual bagus, tapi kalau di toko sebelah, harganya lebih murah, maka siap-siap kehilangan pelanggan. Biasakan update informasi mengenai harga produk-produk online Anda secara berkala, bisa jadi akan membuat Anda lebih tahu mengenai kisaran harga yang pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon. - User Friendly
Sederhana, mudah dan minimalis. Rasanya ketiga hal ini menjadi tren di toko-toko online di luar negeri. Semakin sederhana, end user akan semakin mudah untuk mengakses toko online Anda. Tentu para calon konsumen akan lebih nyaman berbelanja di toko online yang mudah dimengerti cara aksesnya ketimbang yang rumit dan banyak gambar penuh sesak di pampang di sana. Tak jarang banyak calon konsumen yang belum terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online. - Percantik Desain Visual
Visualisasi desain toko online yang bagus, akan membuat ‘cuci mata’ para calon konsumen menjadi lebih nyaman. Mereka pun akan betah berlama-lama menatap katalog produk yang sudah Anda sediakan.
Tampilkan juga Fitur Pembanding Produk, dimana ada 2 produk sejenis dengan beda merk ataupun harga bisa dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan pula, Rekomendasi Produk yang mana produk-produk pilihan ini ditampilkan berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau yang sudah ia belanjakan. Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin dimanjakan sehingga ia akan lebih mudah membeli produk mana yang ia butuhkan tanpa harus mencarinya terlebih dahulu. - Resolusi
Resolusi 1024×768, banyak sekali website toko online berprinsip kuno karena masih saja terus menggunakan resolusi tersebut. Padahal saat ini sudah banyak resolusi yang lebih kecil atau yang lebih besar seukuran 1280, 1440 ataupun 1600. Banyak calon pengunjung yang akhirnya dipaksakan melihat website yang tidak sesuai ukuran layarnya, sehingga dengan melihatnya saja, calon konsumen menjadi kurang nyaman berbelanja. - Perbanyak Animasi, Kurangi
Loading Time
Poin ini tampaknya agak dilema, dimana Anda harus memperbanyak animasi dan mengurangi waktu loading satu halamanwebsite. Perkembangan teknologi website saat ini semakin pesat. Gunakanlah teknologi AJAX, kurangi penggunaan Flash. - Tipografi
Susunan huruf dan tipe huruf, hal kecil memang tampaknya, tapi huruf memerankan peranan sangat besar. Huruf yang cocok digunakan di dalam satu website akan memperkuat kesan dan pesan yang disampaikan pada pengguna. - Percantik Katalog
Toko online yang modern saat ini rata-rata menggunakan setidaknya 75% halaman untuk menampilkan katalog produknya, selebihnya akan digunakan sebagai navigasi halaman ataupun ruang kosong.
Katalog tidak hanya terdiri dari kata-kata saja, tapi tentu lebih dipercantik oleh gambar. Nah, gambar ini punya kekuatan yang cukup besar untuk menarik minat calon konsumen.
6 Strategi Untuk Toko Online
Toko online tentu mempunyai
cara tersendiri untuk memasarkan produknya, tidak bisa hanya menggunakan
cara-cara konvensional terdahulu. Karena meningkatnya pengguna internet, banyak
toko online yang bermunculan dan meningkatnya persaingan antar toko
tersebut. Tentunya Anda tidak ingin terus menerus berputar dalam roda
persaingan, bukan?
Peningkatan pengguna internet di
setiap harinya ternyata tidak diacuhkan begitu saja oleh para pelaku bisnis.
Mereka justru memanfaatkan peningkatan pengguna internet ini untuk
mengembangkan jaringan bisnis mereka.
Dewasa ini banyak para pelaku bisnis
yang sengaja membuat website, blog atau bahkan fans page di
jejaring sosial untuk memasarkan produk mereka. Kemajuan di bidang teknologi
ini sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu cara atau strategi
pemasaran bisnis.
Pemasaran bisnis melalui internet
merupakan salah satu strategi untuk memperluas jangkauan pasar para pelaku
bisnis. Melalui online marketing, informasi produk dapat menjangkau
konsumen yang ada jauh dari domisili anda, tanpa harus terjun langsung ke
daerah tersebut untuk mempromosikan produk anda.
Dengan fenomena ini, tentu semua
orang akan tahu bahwa strategi online marketing lebih efektif dan
efisien karena strategi online marketing membuat usaha seakan-akan buka
selama 24 jam non-stop dan dapat diakses dari seluruh dunia. Hanya
dengan melakukan optimasi yang benar dan tepat, usaha anda akan lebih mudah
ditemukan dan dikenal oleh orang banyak.
Berikut 8 strategi marketing secara
online sederhana yang dapat Anda pergunakan untuk mempersenjatai bisnis Anda.
1.
Strategi Online Marketing via Website atau Blog.
Dengan memiliki sebuah website
atau blog akan membuat usaha anda seakan-akan buka selama 24 jam tanpa
henti. Salah satu yang penting untuk diperhatikan dari web usaha adalah
mampu untuk menjelaskan secara rinci tentang produk yang dipasarkan.
Anda juga harus meng-upload
foto produk yang berkualitas bagus sehingga dapat meyakinkan para pelanggan
untuk membelinya.
Ingat, jika Anda membuat blog,
berikanlah konten yang bagus dan bermanfaat supaya pembaca kembali lagi untuk
melihat blog Anda.
Baca Lebih artikel lengkap Tentang Strategi Online Marketing
2.
Strategi Marketing Online Dengan Optimasi Website
Sebagian besar pengguna internet
mencari informasi lewat search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan
lain-lain sesuai kata kunci yang mereka ingin cari. Inilah yang perlu anda
manfaatkan, anda harus berusaha agar website anda tampil di posisi
terbaik di search engine agar mendapatkan potensi pembeli yang lebih
besar.
3.
Memanfaatkan Jejaring Sosial
Jejaring sosial atau social media
sudah tentu menjadi alat yang bagus dan efektif sebagai daya ungkit dari bisnis
online Anda.
Saat ini, sebagian besar pengguna
internet mempunyai akun di situs jejaring sosial misalnya Facebook dan Twitter.
Jejaring sosial ini juga bisa dimanfaatkan untuk promosi produk. Karena seperti
yang kita tahu, pengguna jejaring sosial di dunia berjumlah jutaan. Tentunya
ini bisa jadi salah satu ceruk pasar yang menguntungkan.
Selain Facebook dan Twitter, Anda juga dapat mengoptimalkan Instagram
untuk berjualan. Instagram sangan baik untuk toko online karena dapat
mengunggah foto produk dengan mudah dan simple. Namun, ada beberapa kekurangan Instagram yang mungkin harus Anda
pertimbangkan.
4.
E-mail Marketing
Selain menggunakan website
dan jejaring sosial, anda juga bisa memanfaatkan e-mail sebagai media
promosi anda. Pemberitahuan mengenai produk terbaru anda yang dikirimkan via
e-mail kepada calon pembeli akan terasa lebih tertarget. Sehingga kegiatan
promosi produk semakin mudah dan murah.
5.
Komunitas atau Forum
Forum atau tempat diskusi lainnya
juga bisa menjadi sarana yang bagus untuk promosi produk. Manfaatkan tool
signature untuk memberikan link menuju web anda. Namun hati-hati,
tidak semua forum memberi keleluasaan ini.
Anda juga dapat ‘merayu’ anggota
forum atau grup BBM (Blackberry Messenger) untuk memasang foto produk
beserta sedikit info tentang produk tersebut selama beberapa waktu. Sehingga,
informasi mengenai barang dagangan Anda akan dengan cepat menyebar dan siapa
tahu akan meningkatkan penjualan.
6.
Promosi Bisnis Melalui Iklan Gratis
Di internet, sudah menjamur layanan
iklan gratis online yang artinya anda tidak perlu lagi mengeluarkan
biaya untuk iklan. Anda cukup registrasi ke situs iklan dan membuat iklan
produk anda ke situs tersebut.
Bila Anda mempunyai budget
lebih, tidak ada salahnya untuk mencoba beriklan lewat Facebook Ad. Sebab,
Facebook menempatkan iklan tersebut sesuai dengan target pasar. Misalnya, bila
Anda mempunyai produk fashion atau tas dari korea, maka Facebook akan
menempatkan iklan tersebut di halaman pengguna remaja wanita. Canggih, bukan?
Pelajari lebih lengkap di artikel Strategi Online Marketing
Pelajari lebih lengkap di artikel Strategi Online Marketing
Trik dan Rahasia Sukses Bisnis Online
– Anda punya toko online? Apakah produk-produk Anda laris manis di
ranah maya? Kalau belum, artinya Anda belum maksimal memasarkan
produk-produk Anda secara online. Apalagi saat ini semakin banyak
saingan dengan produk yang sama dan harga yang beda tipis siap
menghadang kesuksesan Anda. Nah, tampaknya Anda harus mulai mencoba
tips-tips baru yang mujarab berikut untuk meningkatkan penjualan toko
online Anda.
- Social Network
Facebook, hampir semua orang memilikinya. Baik orang dewasa, anak sekolah bahkan orang tua kini sudah terhubung di jaringan sosial network ini. Dulunya juga sudah pernah ada Friendster yang sempat tenar di bumi pertiwi tapi untuk sekarang yang sedang populer yaitu Facebook dan Twitter. Pastikan Anda punya Fanpage Facebook sendiri yang memajang produk-produk online Anda.
Kelebihan lain dari Facebook adalah tombol share. Selain itu juga ada fitur Like This. Ada lagi, Facebook Chat namanya, ini bisa membuat Anda terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab, bila ada calon konsumen yang ingin membeli produk Anda tapi masih ragu. Saatnya Anda ‘rayu’ para konsumen supaya mau membeli produk Anda. - Website Mobile
BlackBerry, iPhone dan Android, ketiganya kini sedang populer di pasaran alat telekomunikasi, tak terkecuali di Indonesia. Jangan ragu untuk memulai kesuksesan toko online dari website mobile, kemudahan yang didapatkan oleh calon konsumen adalah bagaimana cara mereka mendapatkan informasi produk yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Kalau Anda berada di waktu dan posisi yang tepat, tentunya pelanggan tak akan ragu untuk memesan produk yang mereka cari di toko online Anda. Maka dari itu, punya toko online yang bisa diakses melalui ponsel akan jauh lebih baik, karena kekuatan segi marketing Anda akan memperluas wilayah pemasaran Anda juga. - Direktori Bisnis Online
Ketika Anda bingung bagaimana caranya agar lebih meluaskan domain dari toko online Anda, jangan ragu untuk mendaftarkannya ke direktori-direktori bisnis online, ada banyak sekali website dimana Anda bisa memasang iklan secara gratis sambil memajang produk Anda. Semakin banyak iklan produk Anda pasang di internet, semakin besar pula kemungkinan konsumen bisa menemukan produk yang Anda jual. - Location Based Service (LBS)
Bisnis berdasarkan lokasi akan lebih menyenangkan ketimbang cuma bisnis online biasa. Jangan takut mendaftarkan diri Anda ke website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, seperti Koprol ataupun FourSquare. Buat Anda yang belum tau, Koprol dan FourSquare adalah dua website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, kota dimana Anda tinggal, tempat yang sedang Anda kunjungi dan dengan mudah Anda juga bisa update status Facebook ketika berada di kafe atau resto favorit Anda.
Tariklah pelanggan agar mampir ke toko Anda. Bagaimana caranya? Kalau di luar negeri, fitur LBS ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk memberikan diskon bagi para pengunjung yang sering datang ke kafe tersebut. kalau untuk toko Anda, Anda bisa menawarkan promo – promo di toko online Anda kepada para calon konsumen yang sedang berada di dekat lokasi toko Anda. Banyak calon konsumen yang gampang dirayu dengan diskon dan promo, apalagi lokasinya berdekatan dengan keberadaan mereka saat itu. - Video Streaming
Siapa bilang toko online cuma boleh pasang gambar saja? Kenapa tidak mencoba sesuatu yang baru dengan video streaming online. Anda bisa saja membuat iklan tentang satu produk Anda dan dibuat seperti iklan di televisi, cukup bikin video iklan sederhana dan upload ke Youtube. - Search Engine Optimization (SEO)
Hanya membuka lapak di toko online sendiri, tentu sudah banyak orang yang melakukannya. Agar toko online Anda menjadi lebih ramai dikunjungi, jangan malas untuk beriklan di website-website lainnya, sehingga akan membuat trafik Anda menjadi naik dan akan semakin sering didatangi darimana saja. - Harga
Baik berjualan secara real ataupun online, harga memang prioritas paling utama, apalagi untuk konsumen yang punya budget pas. Harga mungkin akan menjadi yang paling sering dilirik, karena biarpun produk yang Anda jual bagus, tapi kalau di toko sebelah, harganya lebih murah, maka siap-siap kehilangan pelanggan. Biasakan update informasi mengenai harga produk-produk online Anda secara berkala, bisa jadi akan membuat Anda lebih tahu mengenai kisaran harga yang pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon. - User Friendly
Sederhana, mudah dan minimalis. Rasanya ketiga hal ini menjadi tren di toko-toko online di luar negeri. Semakin sederhana, end user akan semakin mudah untuk mengakses toko online Anda. Tentu para calon konsumen akan lebih nyaman berbelanja di toko online yang mudah dimengerti cara aksesnya ketimbang yang rumit dan banyak gambar penuh sesak di pampang di sana. Tak jarang banyak calon konsumen yang belum terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online. - Percantik Desain Visual
Visualisasi desain toko online yang bagus, akan membuat ‘cuci mata’ para calon konsumen menjadi lebih nyaman. Mereka pun akan betah berlama-lama menatap katalog produk yang sudah Anda sediakan.
Tampilkan juga Fitur Pembanding Produk, dimana ada 2 produk sejenis dengan beda merk ataupun harga bisa dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan pula, Rekomendasi Produk yang mana produk-produk pilihan ini ditampilkan berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau yang sudah ia belanjakan. Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin dimanjakan sehingga ia akan lebih mudah membeli produk mana yang ia butuhkan tanpa harus mencarinya terlebih dahulu. - Resolusi
Resolusi 1024×768, banyak sekali website toko online berprinsip kuno karena masih saja terus menggunakan resolusi tersebut. Padahal saat ini sudah banyak resolusi yang lebih kecil atau yang lebih besar seukuran 1280, 1440 ataupun 1600. Banyak calon pengunjung yang akhirnya dipaksakan melihat website yang tidak sesuai ukuran layarnya, sehingga dengan melihatnya saja, calon konsumen menjadi kurang nyaman berbelanja. - Perbanyak Animasi, Kurangi Loading Time
Poin ini tampaknya agak dilema, dimana Anda harus memperbanyak animasi dan mengurangi waktu loading satu halamanwebsite. Perkembangan teknologi website saat ini semakin pesat. Gunakanlah teknologi AJAX, kurangi penggunaan Flash. - Tipografi
Susunan huruf dan tipe huruf, hal kecil memang tampaknya, tapi huruf memerankan peranan sangat besar. Huruf yang cocok digunakan di dalam satu website akan memperkuat kesan dan pesan yang disampaikan pada pengguna. - Percantik Katalog
Toko online yang modern saat ini rata-rata menggunakan setidaknya 75% halaman untuk menampilkan katalog produknya, selebihnya akan digunakan sebagai navigasi halaman ataupun ruang kosong.
Katalog tidak hanya terdiri dari kata-kata saja, tapi tentu lebih dipercantik oleh gambar. Nah, gambar ini punya kekuatan yang cukup besar untuk menarik minat calon konsumen.
Tunggu apalagi? Segeralah praktekkan tips-tips di atas supaya toko online Anda menjadi laris manis di pasaran. Semoga Artikel Trik dan Rahasia Sukses Bisnis Online ini bermanfaat untuk Anda.
- See more at: http://pendekarinternetmarketing.com/trik-dan-rahasia-sukses-bisnis-online/#sthash.CWg3vDbX.dpuf
Trik dan Rahasia Sukses Bisnis Online
– Anda punya toko online? Apakah produk-produk Anda laris manis di
ranah maya? Kalau belum, artinya Anda belum maksimal memasarkan
produk-produk Anda secara online. Apalagi saat ini semakin banyak
saingan dengan produk yang sama dan harga yang beda tipis siap
menghadang kesuksesan Anda. Nah, tampaknya Anda harus mulai mencoba
tips-tips baru yang mujarab berikut untuk meningkatkan penjualan toko
online Anda.
- Social Network
Facebook, hampir semua orang memilikinya. Baik orang dewasa, anak sekolah bahkan orang tua kini sudah terhubung di jaringan sosial network ini. Dulunya juga sudah pernah ada Friendster yang sempat tenar di bumi pertiwi tapi untuk sekarang yang sedang populer yaitu Facebook dan Twitter. Pastikan Anda punya Fanpage Facebook sendiri yang memajang produk-produk online Anda.
Kelebihan lain dari Facebook adalah tombol share. Selain itu juga ada fitur Like This. Ada lagi, Facebook Chat namanya, ini bisa membuat Anda terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab, bila ada calon konsumen yang ingin membeli produk Anda tapi masih ragu. Saatnya Anda ‘rayu’ para konsumen supaya mau membeli produk Anda. - Website Mobile
BlackBerry, iPhone dan Android, ketiganya kini sedang populer di pasaran alat telekomunikasi, tak terkecuali di Indonesia. Jangan ragu untuk memulai kesuksesan toko online dari website mobile, kemudahan yang didapatkan oleh calon konsumen adalah bagaimana cara mereka mendapatkan informasi produk yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Kalau Anda berada di waktu dan posisi yang tepat, tentunya pelanggan tak akan ragu untuk memesan produk yang mereka cari di toko online Anda. Maka dari itu, punya toko online yang bisa diakses melalui ponsel akan jauh lebih baik, karena kekuatan segi marketing Anda akan memperluas wilayah pemasaran Anda juga. - Direktori Bisnis Online
Ketika Anda bingung bagaimana caranya agar lebih meluaskan domain dari toko online Anda, jangan ragu untuk mendaftarkannya ke direktori-direktori bisnis online, ada banyak sekali website dimana Anda bisa memasang iklan secara gratis sambil memajang produk Anda. Semakin banyak iklan produk Anda pasang di internet, semakin besar pula kemungkinan konsumen bisa menemukan produk yang Anda jual. - Location Based Service (LBS)
Bisnis berdasarkan lokasi akan lebih menyenangkan ketimbang cuma bisnis online biasa. Jangan takut mendaftarkan diri Anda ke website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, seperti Koprol ataupun FourSquare. Buat Anda yang belum tau, Koprol dan FourSquare adalah dua website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, kota dimana Anda tinggal, tempat yang sedang Anda kunjungi dan dengan mudah Anda juga bisa update status Facebook ketika berada di kafe atau resto favorit Anda.
Tariklah pelanggan agar mampir ke toko Anda. Bagaimana caranya? Kalau di luar negeri, fitur LBS ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk memberikan diskon bagi para pengunjung yang sering datang ke kafe tersebut. kalau untuk toko Anda, Anda bisa menawarkan promo – promo di toko online Anda kepada para calon konsumen yang sedang berada di dekat lokasi toko Anda. Banyak calon konsumen yang gampang dirayu dengan diskon dan promo, apalagi lokasinya berdekatan dengan keberadaan mereka saat itu. - Video Streaming
Siapa bilang toko online cuma boleh pasang gambar saja? Kenapa tidak mencoba sesuatu yang baru dengan video streaming online. Anda bisa saja membuat iklan tentang satu produk Anda dan dibuat seperti iklan di televisi, cukup bikin video iklan sederhana dan upload ke Youtube. - Search Engine Optimization (SEO)
Hanya membuka lapak di toko online sendiri, tentu sudah banyak orang yang melakukannya. Agar toko online Anda menjadi lebih ramai dikunjungi, jangan malas untuk beriklan di website-website lainnya, sehingga akan membuat trafik Anda menjadi naik dan akan semakin sering didatangi darimana saja. - Harga
Baik berjualan secara real ataupun online, harga memang prioritas paling utama, apalagi untuk konsumen yang punya budget pas. Harga mungkin akan menjadi yang paling sering dilirik, karena biarpun produk yang Anda jual bagus, tapi kalau di toko sebelah, harganya lebih murah, maka siap-siap kehilangan pelanggan. Biasakan update informasi mengenai harga produk-produk online Anda secara berkala, bisa jadi akan membuat Anda lebih tahu mengenai kisaran harga yang pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon. - User Friendly
Sederhana, mudah dan minimalis. Rasanya ketiga hal ini menjadi tren di toko-toko online di luar negeri. Semakin sederhana, end user akan semakin mudah untuk mengakses toko online Anda. Tentu para calon konsumen akan lebih nyaman berbelanja di toko online yang mudah dimengerti cara aksesnya ketimbang yang rumit dan banyak gambar penuh sesak di pampang di sana. Tak jarang banyak calon konsumen yang belum terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online. - Percantik Desain Visual
Visualisasi desain toko online yang bagus, akan membuat ‘cuci mata’ para calon konsumen menjadi lebih nyaman. Mereka pun akan betah berlama-lama menatap katalog produk yang sudah Anda sediakan.
Tampilkan juga Fitur Pembanding Produk, dimana ada 2 produk sejenis dengan beda merk ataupun harga bisa dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan pula, Rekomendasi Produk yang mana produk-produk pilihan ini ditampilkan berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau yang sudah ia belanjakan. Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin dimanjakan sehingga ia akan lebih mudah membeli produk mana yang ia butuhkan tanpa harus mencarinya terlebih dahulu. - Resolusi
Resolusi 1024×768, banyak sekali website toko online berprinsip kuno karena masih saja terus menggunakan resolusi tersebut. Padahal saat ini sudah banyak resolusi yang lebih kecil atau yang lebih besar seukuran 1280, 1440 ataupun 1600. Banyak calon pengunjung yang akhirnya dipaksakan melihat website yang tidak sesuai ukuran layarnya, sehingga dengan melihatnya saja, calon konsumen menjadi kurang nyaman berbelanja. - Perbanyak Animasi, Kurangi Loading Time
Poin ini tampaknya agak dilema, dimana Anda harus memperbanyak animasi dan mengurangi waktu loading satu halamanwebsite. Perkembangan teknologi website saat ini semakin pesat. Gunakanlah teknologi AJAX, kurangi penggunaan Flash. - Tipografi
Susunan huruf dan tipe huruf, hal kecil memang tampaknya, tapi huruf memerankan peranan sangat besar. Huruf yang cocok digunakan di dalam satu website akan memperkuat kesan dan pesan yang disampaikan pada pengguna. - Percantik Katalog
Toko online yang modern saat ini rata-rata menggunakan setidaknya 75% halaman untuk menampilkan katalog produknya, selebihnya akan digunakan sebagai navigasi halaman ataupun ruang kosong.
Katalog tidak hanya terdiri dari kata-kata saja, tapi tentu lebih dipercantik oleh gambar. Nah, gambar ini punya kekuatan yang cukup besar untuk menarik minat calon konsumen.
Tunggu apalagi? Segeralah praktekkan tips-tips di atas supaya toko online Anda menjadi laris manis di pasaran. Semoga Artikel Trik dan Rahasia Sukses Bisnis Online ini bermanfaat untuk Anda.
- See more at: http://pendekarinternetmarketing.com/trik-dan-rahasia-sukses-bisnis-online/#sthash.CWg3vDbX.dpuf
Trik dan Rahasia Sukses Bisnis Online
– Anda punya toko online? Apakah produk-produk Anda laris manis di
ranah maya? Kalau belum, artinya Anda belum maksimal memasarkan
produk-produk Anda secara online. Apalagi saat ini semakin banyak
saingan dengan produk yang sama dan harga yang beda tipis siap
menghadang kesuksesan Anda. Nah, tampaknya Anda harus mulai mencoba
tips-tips baru yang mujarab berikut untuk meningkatkan penjualan toko
online Anda.
- Social Network
Facebook, hampir semua orang memilikinya. Baik orang dewasa, anak sekolah bahkan orang tua kini sudah terhubung di jaringan sosial network ini. Dulunya juga sudah pernah ada Friendster yang sempat tenar di bumi pertiwi tapi untuk sekarang yang sedang populer yaitu Facebook dan Twitter. Pastikan Anda punya Fanpage Facebook sendiri yang memajang produk-produk online Anda.
Kelebihan lain dari Facebook adalah tombol share. Selain itu juga ada fitur Like This. Ada lagi, Facebook Chat namanya, ini bisa membuat Anda terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab, bila ada calon konsumen yang ingin membeli produk Anda tapi masih ragu. Saatnya Anda ‘rayu’ para konsumen supaya mau membeli produk Anda. - Website Mobile
BlackBerry, iPhone dan Android, ketiganya kini sedang populer di pasaran alat telekomunikasi, tak terkecuali di Indonesia. Jangan ragu untuk memulai kesuksesan toko online dari website mobile, kemudahan yang didapatkan oleh calon konsumen adalah bagaimana cara mereka mendapatkan informasi produk yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Kalau Anda berada di waktu dan posisi yang tepat, tentunya pelanggan tak akan ragu untuk memesan produk yang mereka cari di toko online Anda. Maka dari itu, punya toko online yang bisa diakses melalui ponsel akan jauh lebih baik, karena kekuatan segi marketing Anda akan memperluas wilayah pemasaran Anda juga. - Direktori Bisnis Online
Ketika Anda bingung bagaimana caranya agar lebih meluaskan domain dari toko online Anda, jangan ragu untuk mendaftarkannya ke direktori-direktori bisnis online, ada banyak sekali website dimana Anda bisa memasang iklan secara gratis sambil memajang produk Anda. Semakin banyak iklan produk Anda pasang di internet, semakin besar pula kemungkinan konsumen bisa menemukan produk yang Anda jual. - Location Based Service (LBS)
Bisnis berdasarkan lokasi akan lebih menyenangkan ketimbang cuma bisnis online biasa. Jangan takut mendaftarkan diri Anda ke website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, seperti Koprol ataupun FourSquare. Buat Anda yang belum tau, Koprol dan FourSquare adalah dua website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, kota dimana Anda tinggal, tempat yang sedang Anda kunjungi dan dengan mudah Anda juga bisa update status Facebook ketika berada di kafe atau resto favorit Anda.
Tariklah pelanggan agar mampir ke toko Anda. Bagaimana caranya? Kalau di luar negeri, fitur LBS ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk memberikan diskon bagi para pengunjung yang sering datang ke kafe tersebut. kalau untuk toko Anda, Anda bisa menawarkan promo – promo di toko online Anda kepada para calon konsumen yang sedang berada di dekat lokasi toko Anda. Banyak calon konsumen yang gampang dirayu dengan diskon dan promo, apalagi lokasinya berdekatan dengan keberadaan mereka saat itu. - Video Streaming
Siapa bilang toko online cuma boleh pasang gambar saja? Kenapa tidak mencoba sesuatu yang baru dengan video streaming online. Anda bisa saja membuat iklan tentang satu produk Anda dan dibuat seperti iklan di televisi, cukup bikin video iklan sederhana dan upload ke Youtube. - Search Engine Optimization (SEO)
Hanya membuka lapak di toko online sendiri, tentu sudah banyak orang yang melakukannya. Agar toko online Anda menjadi lebih ramai dikunjungi, jangan malas untuk beriklan di website-website lainnya, sehingga akan membuat trafik Anda menjadi naik dan akan semakin sering didatangi darimana saja. - Harga
Baik berjualan secara real ataupun online, harga memang prioritas paling utama, apalagi untuk konsumen yang punya budget pas. Harga mungkin akan menjadi yang paling sering dilirik, karena biarpun produk yang Anda jual bagus, tapi kalau di toko sebelah, harganya lebih murah, maka siap-siap kehilangan pelanggan. Biasakan update informasi mengenai harga produk-produk online Anda secara berkala, bisa jadi akan membuat Anda lebih tahu mengenai kisaran harga yang pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon. - User Friendly
Sederhana, mudah dan minimalis. Rasanya ketiga hal ini menjadi tren di toko-toko online di luar negeri. Semakin sederhana, end user akan semakin mudah untuk mengakses toko online Anda. Tentu para calon konsumen akan lebih nyaman berbelanja di toko online yang mudah dimengerti cara aksesnya ketimbang yang rumit dan banyak gambar penuh sesak di pampang di sana. Tak jarang banyak calon konsumen yang belum terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online. - Percantik Desain Visual
Visualisasi desain toko online yang bagus, akan membuat ‘cuci mata’ para calon konsumen menjadi lebih nyaman. Mereka pun akan betah berlama-lama menatap katalog produk yang sudah Anda sediakan.
Tampilkan juga Fitur Pembanding Produk, dimana ada 2 produk sejenis dengan beda merk ataupun harga bisa dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan pula, Rekomendasi Produk yang mana produk-produk pilihan ini ditampilkan berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau yang sudah ia belanjakan. Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin dimanjakan sehingga ia akan lebih mudah membeli produk mana yang ia butuhkan tanpa harus mencarinya terlebih dahulu. - Resolusi
Resolusi 1024×768, banyak sekali website toko online berprinsip kuno karena masih saja terus menggunakan resolusi tersebut. Padahal saat ini sudah banyak resolusi yang lebih kecil atau yang lebih besar seukuran 1280, 1440 ataupun 1600. Banyak calon pengunjung yang akhirnya dipaksakan melihat website yang tidak sesuai ukuran layarnya, sehingga dengan melihatnya saja, calon konsumen menjadi kurang nyaman berbelanja. - Perbanyak Animasi, Kurangi Loading Time
Poin ini tampaknya agak dilema, dimana Anda harus memperbanyak animasi dan mengurangi waktu loading satu halamanwebsite. Perkembangan teknologi website saat ini semakin pesat. Gunakanlah teknologi AJAX, kurangi penggunaan Flash. - Tipografi
Susunan huruf dan tipe huruf, hal kecil memang tampaknya, tapi huruf memerankan peranan sangat besar. Huruf yang cocok digunakan di dalam satu website akan memperkuat kesan dan pesan yang disampaikan pada pengguna. - Percantik Katalog
Toko online yang modern saat ini rata-rata menggunakan setidaknya 75% halaman untuk menampilkan katalog produknya, selebihnya akan digunakan sebagai navigasi halaman ataupun ruang kosong.
Katalog tidak hanya terdiri dari kata-kata saja, tapi tentu lebih dipercantik oleh gambar. Nah, gambar ini punya kekuatan yang cukup besar untuk menarik minat calon konsumen.
Tunggu apalagi? Segeralah praktekkan tips-tips di atas supaya toko online Anda menjadi laris manis di pasaran. Semoga Artikel Trik dan Rahasia Sukses Bisnis Online ini bermanfaat untuk Anda.
- See more at: http://pendekarinternetmarketing.com/trik-dan-rahasia-sukses-bisnis-online/#sthash.CWg3vDbX.dpuf
Trik dan Rahasia Sukses Bisnis Online
– Anda punya toko online? Apakah produk-produk Anda laris manis di
ranah maya? Kalau belum, artinya Anda belum maksimal memasarkan
produk-produk Anda secara online. Apalagi saat ini semakin banyak
saingan dengan produk yang sama dan harga yang beda tipis siap
menghadang kesuksesan Anda. Nah, tampaknya Anda harus mulai mencoba
tips-tips baru yang mujarab berikut untuk meningkatkan penjualan toko
online Anda.
- Social Network
Facebook, hampir semua orang memilikinya. Baik orang dewasa, anak sekolah bahkan orang tua kini sudah terhubung di jaringan sosial network ini. Dulunya juga sudah pernah ada Friendster yang sempat tenar di bumi pertiwi tapi untuk sekarang yang sedang populer yaitu Facebook dan Twitter. Pastikan Anda punya Fanpage Facebook sendiri yang memajang produk-produk online Anda.
Kelebihan lain dari Facebook adalah tombol share. Selain itu juga ada fitur Like This. Ada lagi, Facebook Chat namanya, ini bisa membuat Anda terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab, bila ada calon konsumen yang ingin membeli produk Anda tapi masih ragu. Saatnya Anda ‘rayu’ para konsumen supaya mau membeli produk Anda. - Website Mobile
BlackBerry, iPhone dan Android, ketiganya kini sedang populer di pasaran alat telekomunikasi, tak terkecuali di Indonesia. Jangan ragu untuk memulai kesuksesan toko online dari website mobile, kemudahan yang didapatkan oleh calon konsumen adalah bagaimana cara mereka mendapatkan informasi produk yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Kalau Anda berada di waktu dan posisi yang tepat, tentunya pelanggan tak akan ragu untuk memesan produk yang mereka cari di toko online Anda. Maka dari itu, punya toko online yang bisa diakses melalui ponsel akan jauh lebih baik, karena kekuatan segi marketing Anda akan memperluas wilayah pemasaran Anda juga. - Direktori Bisnis Online
Ketika Anda bingung bagaimana caranya agar lebih meluaskan domain dari toko online Anda, jangan ragu untuk mendaftarkannya ke direktori-direktori bisnis online, ada banyak sekali website dimana Anda bisa memasang iklan secara gratis sambil memajang produk Anda. Semakin banyak iklan produk Anda pasang di internet, semakin besar pula kemungkinan konsumen bisa menemukan produk yang Anda jual. - Location Based Service (LBS)
Bisnis berdasarkan lokasi akan lebih menyenangkan ketimbang cuma bisnis online biasa. Jangan takut mendaftarkan diri Anda ke website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, seperti Koprol ataupun FourSquare. Buat Anda yang belum tau, Koprol dan FourSquare adalah dua website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, kota dimana Anda tinggal, tempat yang sedang Anda kunjungi dan dengan mudah Anda juga bisa update status Facebook ketika berada di kafe atau resto favorit Anda.
Tariklah pelanggan agar mampir ke toko Anda. Bagaimana caranya? Kalau di luar negeri, fitur LBS ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk memberikan diskon bagi para pengunjung yang sering datang ke kafe tersebut. kalau untuk toko Anda, Anda bisa menawarkan promo – promo di toko online Anda kepada para calon konsumen yang sedang berada di dekat lokasi toko Anda. Banyak calon konsumen yang gampang dirayu dengan diskon dan promo, apalagi lokasinya berdekatan dengan keberadaan mereka saat itu. - Video Streaming
Siapa bilang toko online cuma boleh pasang gambar saja? Kenapa tidak mencoba sesuatu yang baru dengan video streaming online. Anda bisa saja membuat iklan tentang satu produk Anda dan dibuat seperti iklan di televisi, cukup bikin video iklan sederhana dan upload ke Youtube. - Search Engine Optimization (SEO)
Hanya membuka lapak di toko online sendiri, tentu sudah banyak orang yang melakukannya. Agar toko online Anda menjadi lebih ramai dikunjungi, jangan malas untuk beriklan di website-website lainnya, sehingga akan membuat trafik Anda menjadi naik dan akan semakin sering didatangi darimana saja. - Harga
Baik berjualan secara real ataupun online, harga memang prioritas paling utama, apalagi untuk konsumen yang punya budget pas. Harga mungkin akan menjadi yang paling sering dilirik, karena biarpun produk yang Anda jual bagus, tapi kalau di toko sebelah, harganya lebih murah, maka siap-siap kehilangan pelanggan. Biasakan update informasi mengenai harga produk-produk online Anda secara berkala, bisa jadi akan membuat Anda lebih tahu mengenai kisaran harga yang pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon. - User Friendly
Sederhana, mudah dan minimalis. Rasanya ketiga hal ini menjadi tren di toko-toko online di luar negeri. Semakin sederhana, end user akan semakin mudah untuk mengakses toko online Anda. Tentu para calon konsumen akan lebih nyaman berbelanja di toko online yang mudah dimengerti cara aksesnya ketimbang yang rumit dan banyak gambar penuh sesak di pampang di sana. Tak jarang banyak calon konsumen yang belum terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online. - Percantik Desain Visual
Visualisasi desain toko online yang bagus, akan membuat ‘cuci mata’ para calon konsumen menjadi lebih nyaman. Mereka pun akan betah berlama-lama menatap katalog produk yang sudah Anda sediakan.
Tampilkan juga Fitur Pembanding Produk, dimana ada 2 produk sejenis dengan beda merk ataupun harga bisa dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan pula, Rekomendasi Produk yang mana produk-produk pilihan ini ditampilkan berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau yang sudah ia belanjakan. Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin dimanjakan sehingga ia akan lebih mudah membeli produk mana yang ia butuhkan tanpa harus mencarinya terlebih dahulu. - Resolusi
Resolusi 1024×768, banyak sekali website toko online berprinsip kuno karena masih saja terus menggunakan resolusi tersebut. Padahal saat ini sudah banyak resolusi yang lebih kecil atau yang lebih besar seukuran 1280, 1440 ataupun 1600. Banyak calon pengunjung yang akhirnya dipaksakan melihat website yang tidak sesuai ukuran layarnya, sehingga dengan melihatnya saja, calon konsumen menjadi kurang nyaman berbelanja. - Perbanyak Animasi, Kurangi Loading Time
Poin ini tampaknya agak dilema, dimana Anda harus memperbanyak animasi dan mengurangi waktu loading satu halamanwebsite. Perkembangan teknologi website saat ini semakin pesat. Gunakanlah teknologi AJAX, kurangi penggunaan Flash. - Tipografi
Susunan huruf dan tipe huruf, hal kecil memang tampaknya, tapi huruf memerankan peranan sangat besar. Huruf yang cocok digunakan di dalam satu website akan memperkuat kesan dan pesan yang disampaikan pada pengguna. - Percantik Katalog
Toko online yang modern saat ini rata-rata menggunakan setidaknya 75% halaman untuk menampilkan katalog produknya, selebihnya akan digunakan sebagai navigasi halaman ataupun ruang kosong.
Katalog tidak hanya terdiri dari kata-kata saja, tapi tentu lebih dipercantik oleh gambar. Nah, gambar ini punya kekuatan yang cukup besar untuk menarik minat calon konsumen.
Tunggu apalagi? Segeralah praktekkan tips-tips di atas supaya toko online Anda menjadi laris manis di pasaran. Semoga Artikel Trik dan Rahasia Sukses Bisnis Online ini bermanfaat untuk Anda.
- See more at: http://pendekarinternetmarketing.com/trik-dan-rahasia-sukses-bisnis-online/#sthash.CWg3vDbX.dpuf
Trik dan Rahasia Sukses Bisnis Online
– Anda punya toko online? Apakah produk-produk Anda laris manis di
ranah maya? Kalau belum, artinya Anda belum maksimal memasarkan
produk-produk Anda secara online. Apalagi saat ini semakin banyak
saingan dengan produk yang sama dan harga yang beda tipis siap
menghadang kesuksesan Anda. Nah, tampaknya Anda harus mulai mencoba
tips-tips baru yang mujarab berikut untuk meningkatkan penjualan toko
online Anda.
- Social Network
Facebook, hampir semua orang memilikinya. Baik orang dewasa, anak sekolah bahkan orang tua kini sudah terhubung di jaringan sosial network ini. Dulunya juga sudah pernah ada Friendster yang sempat tenar di bumi pertiwi tapi untuk sekarang yang sedang populer yaitu Facebook dan Twitter. Pastikan Anda punya Fanpage Facebook sendiri yang memajang produk-produk online Anda.
Kelebihan lain dari Facebook adalah tombol share. Selain itu juga ada fitur Like This. Ada lagi, Facebook Chat namanya, ini bisa membuat Anda terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab, bila ada calon konsumen yang ingin membeli produk Anda tapi masih ragu. Saatnya Anda ‘rayu’ para konsumen supaya mau membeli produk Anda. - Website Mobile
BlackBerry, iPhone dan Android, ketiganya kini sedang populer di pasaran alat telekomunikasi, tak terkecuali di Indonesia. Jangan ragu untuk memulai kesuksesan toko online dari website mobile, kemudahan yang didapatkan oleh calon konsumen adalah bagaimana cara mereka mendapatkan informasi produk yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Kalau Anda berada di waktu dan posisi yang tepat, tentunya pelanggan tak akan ragu untuk memesan produk yang mereka cari di toko online Anda. Maka dari itu, punya toko online yang bisa diakses melalui ponsel akan jauh lebih baik, karena kekuatan segi marketing Anda akan memperluas wilayah pemasaran Anda juga. - Direktori Bisnis Online
Ketika Anda bingung bagaimana caranya agar lebih meluaskan domain dari toko online Anda, jangan ragu untuk mendaftarkannya ke direktori-direktori bisnis online, ada banyak sekali website dimana Anda bisa memasang iklan secara gratis sambil memajang produk Anda. Semakin banyak iklan produk Anda pasang di internet, semakin besar pula kemungkinan konsumen bisa menemukan produk yang Anda jual. - Location Based Service (LBS)
Bisnis berdasarkan lokasi akan lebih menyenangkan ketimbang cuma bisnis online biasa. Jangan takut mendaftarkan diri Anda ke website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, seperti Koprol ataupun FourSquare. Buat Anda yang belum tau, Koprol dan FourSquare adalah dua website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, kota dimana Anda tinggal, tempat yang sedang Anda kunjungi dan dengan mudah Anda juga bisa update status Facebook ketika berada di kafe atau resto favorit Anda.
Tariklah pelanggan agar mampir ke toko Anda. Bagaimana caranya? Kalau di luar negeri, fitur LBS ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk memberikan diskon bagi para pengunjung yang sering datang ke kafe tersebut. kalau untuk toko Anda, Anda bisa menawarkan promo – promo di toko online Anda kepada para calon konsumen yang sedang berada di dekat lokasi toko Anda. Banyak calon konsumen yang gampang dirayu dengan diskon dan promo, apalagi lokasinya berdekatan dengan keberadaan mereka saat itu. - Video Streaming
Siapa bilang toko online cuma boleh pasang gambar saja? Kenapa tidak mencoba sesuatu yang baru dengan video streaming online. Anda bisa saja membuat iklan tentang satu produk Anda dan dibuat seperti iklan di televisi, cukup bikin video iklan sederhana dan upload ke Youtube. - Search Engine Optimization (SEO)
Hanya membuka lapak di toko online sendiri, tentu sudah banyak orang yang melakukannya. Agar toko online Anda menjadi lebih ramai dikunjungi, jangan malas untuk beriklan di website-website lainnya, sehingga akan membuat trafik Anda menjadi naik dan akan semakin sering didatangi darimana saja. - Harga
Baik berjualan secara real ataupun online, harga memang prioritas paling utama, apalagi untuk konsumen yang punya budget pas. Harga mungkin akan menjadi yang paling sering dilirik, karena biarpun produk yang Anda jual bagus, tapi kalau di toko sebelah, harganya lebih murah, maka siap-siap kehilangan pelanggan. Biasakan update informasi mengenai harga produk-produk online Anda secara berkala, bisa jadi akan membuat Anda lebih tahu mengenai kisaran harga yang pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon. - User Friendly
Sederhana, mudah dan minimalis. Rasanya ketiga hal ini menjadi tren di toko-toko online di luar negeri. Semakin sederhana, end user akan semakin mudah untuk mengakses toko online Anda. Tentu para calon konsumen akan lebih nyaman berbelanja di toko online yang mudah dimengerti cara aksesnya ketimbang yang rumit dan banyak gambar penuh sesak di pampang di sana. Tak jarang banyak calon konsumen yang belum terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online. - Percantik Desain Visual
Visualisasi desain toko online yang bagus, akan membuat ‘cuci mata’ para calon konsumen menjadi lebih nyaman. Mereka pun akan betah berlama-lama menatap katalog produk yang sudah Anda sediakan.
Tampilkan juga Fitur Pembanding Produk, dimana ada 2 produk sejenis dengan beda merk ataupun harga bisa dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan pula, Rekomendasi Produk yang mana produk-produk pilihan ini ditampilkan berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau yang sudah ia belanjakan. Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin dimanjakan sehingga ia akan lebih mudah membeli produk mana yang ia butuhkan tanpa harus mencarinya terlebih dahulu. - Resolusi
Resolusi 1024×768, banyak sekali website toko online berprinsip kuno karena masih saja terus menggunakan resolusi tersebut. Padahal saat ini sudah banyak resolusi yang lebih kecil atau yang lebih besar seukuran 1280, 1440 ataupun 1600. Banyak calon pengunjung yang akhirnya dipaksakan melihat website yang tidak sesuai ukuran layarnya, sehingga dengan melihatnya saja, calon konsumen menjadi kurang nyaman berbelanja. - Perbanyak Animasi, Kurangi Loading Time
Poin ini tampaknya agak dilema, dimana Anda harus memperbanyak animasi dan mengurangi waktu loading satu halamanwebsite. Perkembangan teknologi website saat ini semakin pesat. Gunakanlah teknologi AJAX, kurangi penggunaan Flash. - Tipografi
Susunan huruf dan tipe huruf, hal kecil memang tampaknya, tapi huruf memerankan peranan sangat besar. Huruf yang cocok digunakan di dalam satu website akan memperkuat kesan dan pesan yang disampaikan pada pengguna. - Percantik Katalog
Toko online yang modern saat ini rata-rata menggunakan setidaknya 75% halaman untuk menampilkan katalog produknya, selebihnya akan digunakan sebagai navigasi halaman ataupun ruang kosong.
Katalog tidak hanya terdiri dari kata-kata saja, tapi tentu lebih dipercantik oleh gambar. Nah, gambar ini punya kekuatan yang cukup besar untuk menarik minat calon konsumen.
0 comments:
Post a Comment